Advertisement

10 Nasihat Keuangan Yang Perlu Diterapkan Untuk Sukses Finansial Anda

Mengelola Keuangan agar sukses finansial

Nasihat mengenai strategi mengelola keuangan bisa sangat diperlukan untuk membimbing anda menuju sukses secara finansial dan ekonomi yang lebih mapan tentunya.

Ketika keadaan sedang dalam masalah keuangan, sering kali kita dibuat pusing untuk bisa memperoleh jalan keluarnya. Memang hidup ini tidak bisa jauh jauh dengan uang sebab segala kebutuhan kita kebanyakan pemenuhannya hanya dengan menggunakan uang.

Sebenarnya sudah sering kali mendapatkan nasihat nasihat keungan, entah itu dari orang tua sendiri, teman, saudara atau bahkan orang lain supaya kita bisa mempersiapkan masa depan mulai sekarang, agar sukses di usia muda serta kehidupan kita nantinya bisa jauh lebih mapan.

Tips mengelola keuangan untuk mencapai tahap sukses dan mapan secara finansial

Berikut ini adalah 10 nasihat yang sering kali diutarakan oleh orang orang bijak dalam perekonomian supaya kita tidak pernah menyiakan kesempatan:

#1 Punya tujuan hidup yang terencana

Setiap manusia haruslah memiliki tujuan hidup yang jelas dan terencana, terutama di dalam masalah keuangannya.

Ketika anda sudah bisa memperoleh penghasilan sendiri maka segera buat rencana hidup anda ke depannya.

Misalkan saja untuk meningkatkan taraf hidup ke tingkat yang lebih tinggi maka nasehat keuangan ini bisa untuk memotivasi anda supaya lebih bekerja keras dan mengejar target yang ingin dicapai.

Dengan adanya tujuan hidup maka kehidupan anda menjadi lebih teratur dan terarah untuk membangun mental dan jiwa pengusaha sukses.

Ketika akan mengambil sebuah keputusan pasti akan anda pertimbangkan secara matang supaya tidak menyesal nantinya.

Manusia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam satu menit kemudian. Tapi bukan berarti anda akan pasrah begitu saja tanpa memiliki harapan yang lebih baik kedepan.

#2 Menjalani prinsip hidup hemat

Belajar Menabung Tidak Terasa Berat

Ketika anda sudah mampu mendapatkan penghasilan yang lebih, maka cobalah untuk menggunakan uang anda dengan sebaik baiknya dengan strategi mengelola keuangan pribadi yang baik.

Karena kebanyakan mereka yang telah memiliki pendapatan yang tinggi sering kali membuang buang uangnya untuk sesuatu yang tidak jelas dan sia sia.

Misalkan saja belanja hingga habis jutaan padahal sessuatu yang dibeli tidak terlalu penting dan bukan merupakan proritasnya namun tetap dikejar demi mengikuti gaya hidup yang mewah.

Penghasilan yang sudah meningkat sebaiknya digunakan untuk sesuatu yang jauh lebih bermanfaat misalkan saja berbisnis, investasi dan asuransi.

Ingat bahwa hidup hemat itu bukan berarti pelit hanya saja anda diharuskan untuk tidak menggunakan uang yang berlebihan.

Mencoba untuk mengendalikan diri supaya tidak menjadi orang yang konsumtif dengan cara membuat list terlebih dahulu mengenai kebutuhan apa saja yang menjadi prioritasnya.

#3 Pasang target yang ingin dicapai

Dalam hal ini anda diharuskan untuk memiliki target dalam hidup. Supaya anda menjadi orang yang terarah tujuannya.

Misalkan saja ketika anda sudah mencapai usia 28 dan berkeinginan menikah, maka minimal anda harus sudah memiliki dana aman untuk keluarga nantinya.

Jika anda memegang pedoman kalau hidup itu hanya dijalankan seperti air mengalir, maka ini berarti tidak akan memiliki tujuan hidup yang lebih spesifik sehingga akhirnya anda akan mudah meremahkan segala hal.

#4 Jangan hanya nabung, investasi untuk masa depan juga penting

Investasi emas apa properti yang terbaik

Sejak kita masih kecil sering kali kita diajarkan untuk rajin menabung. Mulai dari sebuah celengan kecil dan belajar cara menabung agar tidak terasa berat hingga kita memiliki rekening tabungan sendiri. Namun setelah dipikir pikir apakah itu cukup untuk masa depan kita.

Memang kebiasaan menyisihkan uang untuk ditabung sangatlah baik. Akan tetapi ketika anda mulai membuka rekening tabungan maka sebaiknya pikirkanlah mengenai bunga yang diberikan, karena besaran bunga yang diberikan biasanya sangatlah kecil dan tidak terlalu menguntungkan.

Sebaiknya jangan hanya menabung, tetapi anda perlu untuk mendapatkan alternative lain yang juga sangat bermanfaat untuk menjamin masa depan anda, misalkan saja bisnis investasi.

Karena investasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk bisa memperoleh penghasilan dan keuntungan yang lebih.

Namun jika anda belum terlalu mengetahui bagaimana cara berinvestasi, maka sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu apa saja jenis investasi yang menguntungkan.

#5 Belajar dari kesalahan dan evaluasi

Anda pastinya sering melakukan kesalahan bukan?. Jadi intinya tidak ada manusia yang sempurna. Kesempurnaan hanyalah milik dari sang pencipta.

Ketika kita melakukan suatu kesalahan sebaiknya jadikanlah itu sebaggai sebuah pembelajaran bagi anda untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Evaluasi kesalahan anda supaya ke depannya anda menjadi orang yang lebih waspada dan berhati hati dan teliti.

Janganlah terus menyesali kesalahan hanya dengan meratap tanpa berusaha memperbaikinya karena sudah jelas tidak akan ada gunanya.

#6 Tidak mudah menyerah dan disiplin

Satu hal yang perlu anda ingat kesuksesan itu tidak bisa didapat dengan cara yang mudah dan instan. Contohlah dari kisah cara sukses ala orang tionghoa.

Halangan dan hambatan itu sudah biasa terjadi ketika anda akan mencapai sebuah keberhasilan. Semangat dan kerja keraslah yang bisa membawa anda sampai ke sana.

Jika anda memiliki keinginan seperti itu maka lakukanlah mulai sekarang tanpa berpikir untuk menunda.

Misalnya biasakanlah untuk hidup disiplin seperti bangun pagi, selalu tepat waktu dalam segala hal dan lain sebagainya. Janganlah mudah menyerah dengan satu kesulitan, jadilah manusia yang tahan banting serta tangguh disegala medan.

#7 Memperluas jaringan tanpa batas

Tips Mencapai Sukses di Usia Muda

Sangat perlu untuk memperbanyak relasi atau teman karena ini merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang.

Selain itu memang sudah menjadi kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain, sehingga ketika anda memiliki banyak teman maka jagalah hubungan itu sebaik mungkin, bahkan dari seorang teman bisa juga menjadi seperti saudara.

Ketika kita dalam kesulitan tidak jarang mereka berdiri di barisan terdepan untuk membantu segala permasalahan kita.

Keuntungan mengenal banyak orang dari berbagai kalangan juga merupakan nilai plus bahkan mungkin juga dapat menjadi bagian dari tim kerja yang baik bagi anda. Karena kita tidak pernah tahu keuntungan apa yang akan kita peroleh dari orang orang yang ada di sekitar kita.

#8 Jangan ambisi dan tetap perhatikan diri sendiri

Bekerja terus menerus hingga tak kenal waktu bukanlah hal yang baik ya. Sebaiknya anda luangkan waktu sedikit disela sela pekerjaan anda untuk menghibur diri supaya anda tidak stress dan jenuh.

Ini akan membawa kebahagiaan tersendiri dari pada harus terus duduk di kantor mantengin laptop atau job yang terus berdatangan.

Namun perlu diingat yah hal ini dilakukan semata mata untuk merefresh diri anda supaya bisa mendapatkan semangat baru dalam bekerja, bukan malah anda kebablasan dan terlena.

Selain itu anda juga akan lebih kreatif karena otak anda seperti baru di charge sehingga akan mendapatkan banyak ide ide yang brilian yang sebelumnya tidak terduga.

#9 Miliki asuransi sebagai sarana antisipasi

Mengelola keuangan setelah menikah

Resiko yang mengancam keselamatan jiwa anda bisa terjadi di mana saja dan kapan saja inilah saatnya memikirkan untuk mencari asuransi yang paling tepat untuk keluarga anda.

Dengan usia yang saat ini masih relative muda bukan berarti anda bisa  meremehkan hal hal semacam ini. Sikap waspada dan hati hati haruslah selalu anda tanamkan di dalam diri anda.

Karena suatu kejahatan yang terjadi tidak akan melihat siapa, kapan, dan dimana terjadinya.

Maka dari itu anda perlu untuk memiliki asuransi diri. Saat ini produk asuransi banyak sekali jenisnya sehingga bisa anda sesuaikan dengan keuangan anda. Jadi untuk alasan apalagi sampai anda harus menunggu nanti dan terus menunda.

#10 Berani menghadapi segala kemungkinan

Kata berani bukan berarti anda tidak takut menantang siapa saja melainkan latihlah diri anda untuk tidak malu malu lagi dalam melakukan segala hal serta tidak mundur untuk menghadapi apa yang terjadi.

Anda malu mungkin karena anda khawatir tindakan anda akan dijadikan lelucon oleh mereka. Buanglah jauh jauh persepsi seperti ini. Ubah pemikiran anda mulai sekarang. Jika ada kesalahan maka segeralah perbaiki.

Banyak alasan kenapa sukses anda tertunda salah satunya adalah ketakutan untuk membuat keputusan, dan terlalu takut dengan hal yang belum tentu terjadi kemudian.

Mungkin kurang lebih seperti itu tadi nasihat yang dapat digunakan untuk memotivasi anda dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Pada intinya mengelola keuangan sama halnya dengan mengatur langkah yang bijak anda kedepannya dengan berusaha menghindari segala kesalahan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!