Advertisement

Cara Menghitung Bunga KPR Dengan 3 Macam Jenis Bunga Kredit

Menghitung Bunga KPR

Bagaimana cara menghitung suku bunga KPR ini ternyata masih banyak yang belum memahaminya meskipun hingga saat ini tidak sedikit masyarakat yang sudah menerimanya.

Hal ini sangat penting untuk dicermati karena karena akan memberikan pengetahuan tentang naik turunnya cicilan KPR yang selalu mengikuti pergerakan suku bunga bank.

Untuk dapat mempelajari bagaimana perhitungan bunga KPR harus diketahui terlebih dahulu dari bank mana kredit tersebut didapatkan serta sistem perhitungan bunga kredit seperti apa yang diterapkan.

3 macam cara menghitung suku bunga KPR berdasarkan sistemnya

Sampai saat ini ada 3 sistem perhitungan bunga yang diterapkan oleh pihak bank pada proses kredit KPR yaitu:

#1 Perhitungan Kredit dengan Bunga Flat (Tetap)

Sistem perhitungan suku bunga flat adalah yang paling umum diketahui oleh masyarakat dan termasuk kalkulasi bunga kredit yang paling sederhana dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Besarnya cicilan pokok akan terus sama disetiap bulan sejak awal hingga akhir pelunasan.
  • Nila bunga yang dibebankan akan tetap sama setiap angsuran
  • Maka besarnya jumlah angsuran tidak akan berubah hingga masa kredit berakhir.

Perhitungan suku bunga dengan sistem flat juga diberlakukan pada cicilan kredit tanpa agunan KTA.

Untuk mengetahui bagaimana rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Total Bunga = Bunga per bulan x Lama pinjaman dalam bulan

Bunga per bulan = (Jumlah pinjaman x Persentase suku bunga per tahun) : 12

Simulasi: Seorang nasabah menerima pinjaman dana tunai dari bank sebesar Rp 200 juta dengan sistem perhitungan bunga flat sebesar 12% pertahun. Tenor atau jangka waktu angsuran adalah 180 bulan (15 tahun) maka besarnya total bunga yang harus dibayar adalah senilai Rp 360 juta.

Dengan demikian, pada setiap angsuran selain nilai cicilan pokok harus ditambah dengan bunga sebesar Rp 2 juta setiap bulannya selama 15 tahun.

#2 Perhitungan Kredit dengan Bunga Efektif

Pada sistem ini besarnya bunga kredit yang harus dibayar dihitung dari saldo akhir cicilan pokok setiap bulannya. Maka jumlah atau nilai cicilan KPR setiap bulan akan selalu berubah.

Sistem ini dikenal juga dengan istilah sliding rate sehingga besarnya angsuran akan semakin menurun setiap bulannya karena pengaruh dari perhitungan nilai bunga yang semakin mengecil.

Rumus perhitungan bunga yang diterapkan adalah:

Bunga per bulan= (saldo akhir periode X persentase suku bunga pertahun) : 12

Simulasi: Seorang nasabah menerima kredit dari sebuah bank senilai Rp 200 juta dengan bunga efektif sebesar 12% pertahun. Kontrak atau besarnya cicilan yang disepakati adalah sebesar Rp 10 juta perbulan.

Maka perhitungannya adalah:

Bulan pertama : bunga 1% X Rp 200 juta = Rp 2 juta

Bulan kedua   : bunga 1% X Rp 190.juta = Rp 1,9 juta demikian seterusnya hingga akhir masa pelunasan.

#3 Perhitungan Kredit dengan Bunga Anuitas

Pada sistem perhitungan suku bunga dengan sistem anuitas tergolong cukup rumit jika dibandingkan dengan kedua metode diatas sehingga lebih sering memerlukan bantuan sebuah program komputer atau software untuk melakukannya.

Sistem ini justru lebih banyak digunakan oleh pihak bank penyalur KPR yang ada di Indonesai hingga saat ini dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Bunga dihitung berdasarkan jumlah pokok yang belum dibayarkan
  • Jumlah angsuran akan tetap sama setiap bulan untuk memudahkan nasabah menghitung tanggungannya
  • Mengunakan komposisi bunga dan angsuran pokok yang berbeda jumlahnya, dimana bila cicilan bunga mengecil, maka cicilan angsuran pokok membesar
  • Lebih sering diterapkan dengan cicilan bunga yang cukup besar pada tahun pertama kemudian memasuki pertengahan tenor kredit, cicilan bunga akan mengecil sementara cicilan pokok justru akan membesar

Rumus perhitungan:

Rumus Bunga KPRP= pokok pinjaman

I= suku bunga pertahun

t= lama kredit dalam bulan.

Demikian tadi sekilas mengenai bagaimana cara menghitung suku bunga KPR yang mana masyarakat saat ini sudah banyak yang tertarik untuk merencanakan kepemilikan rumah sebagai salah satu jenis investasi yang paling menguntungkan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!