Advertisement

Cara Cerdas Mengelola Dan Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur Keuangan Pribadi

Mengatur keuangan pribadi dan mengelolanya secara efektif serta cerdas akan memberikan dampak yang baik terhadap kondisi ekonomi personal menjadi lebih tertata, terkendali dan selalu setabil.

Penghasilan sebesar apapaun yang diperoleh dari bekerja tidak akan pernah ada cukupnya untuk memenuhi kebutuhan jika tidak mampu mengendalikan dan hanya mementingkan kepuasan.

Di sisi lain seiring dengan peningkatan biaya hidup yang kian tak terbendung. Maka jika tak pintar-pintar mengatur keuangan pribadi maka bukan untung yang diraih tapi justru utang menumpuk merusak kondisi ekonomi pada akhirnya.

8 cara pintar mengatur keuangan pribadi dan mengelolanya secara efektif

Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan sehari hari guna menjaga stabilitas finansial pribadi supaya tidak terpuruk dan bangkrut.

#1 Tetapkan tujuan keuangan secara pasti

Untuk kalangan orang tertentu ada yang memiliki hal nyeleneh ketika ia mempunya sejumlah uang dibandingkan ia harus menggunakannya untuk membuat sebuah investasi jangka pendek maupun jangkan panjang.

Sebagai contoh bercita cita ingin membeli rumah minimalis dengan dua kamar tidur dibandingkan harus membelanjakan uang untuk mendapatkan mobil baru merupakan ragam tujuan seseorang yang mempunyai uang.

Memang benar jika memiliki tujuan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Keinginan akan sesuatu itu juga akan menjadi sebuah motivasi untuk mengumpulkan pendapatan lebih banyak.

#2 Buat rencana pengeluaran terorganisir

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan.

Anda sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing.

#3 Menahan diri dari segala tawaran belanja

Toko memang diciptakan untuk menguras habis kantong pembeli. Tawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen.

Tapi jika kita mengetahui trik mereka, akan membuat kita bisa menahan godaan dari tawaran-tawaran tersebut.  Hal lebih mudah adalah segera mengatakan tidak atas semua tawaran tersebut.

#4 Temukan barang yang lebih murah dengan kriteria sama

Demi suksesnya agenda mengatur keuangan pribadi secara efektif maka ketika hendak memperoleh barang maka perlu bertindak selektif.

Jangan ragu untuk membandingkan setiap harga dengan toko lainnya dengan kondisi barang yang sama.

#5 Survey melalui situs online sebelum bertindak

Pada jaman era digital ini apa yang tidak bisa didapatkan dari internet, dengan demikian jadilah pintar dan cerdas untuk berupaya memperoleh banyak informasi lebih detail sebelum memutuskan kemana uang akan dibelanjakan.

Lakukan survey harga pada situs situs toko online ataupun dari sumber informasi lainnya seperti forum, blog dan website yang memuat review produk.

#6 Ciptakan sumber pendapatan lebih dari satu

Ini sangat erat hubungannya dengan pekerjaan yang mana selain aktifitas utama yang memberikan gaji tetap, maka kreatif untuk bisa menemukan peluang usaha sampingan, atau jenis usaha kecil lainnya yang potensial.

Memiliki pekerjaan sampingan bisa memberikan rasa aman ketika sumber keuangan utama sewaktu waktu mengalami masalah serius bahkan apabila sampai harus berhenti.

Pada zaman sekarang apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.

Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan seperti bisnis online untuk mendapatkan uang dari internet ataupun jenis usaha rumahan lainnya.

#7 Merintis usaha dan bisnis sendiri

Tidak selamanya kita harus bekerja kepada orang lain dan begitu pula orang juga belum tentu bersedia untuk terus memperkerjakan kita.

Selayaknya masyarakat negara maju, mereka akan sangat kreatif untuk lebih mengutamakan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri daripada menjadi orang di gaji.

Bahkan untuk bentuk usaha yang relatif kecil sekalipun, seperti membuat website yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.

#8 Boleh berhutang tapi jangan coba lari darinya

Hutang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna.

Dengan memiliki beban hutang namun kita mampu menyelesaikannya dengan baik, maka sudah menjadi prestasi tersendiri yang dinilai oleh pemberi modal usaha dibanding dengan kita berusaha menghindarinya.

Apalagi dalam kondisi berhutang, maka memperhatikan dengan seksama tentang bagaimana cara mengelola dan mengatur keuangan pribadi sangatlah mutlak dilaksanakan dengan teliti dan cermat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *