Advertisement

Mengelola Keuangan Keluarga: Perhatian 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi

Strategi manajemen mengelola keuangan keluarga

Dalam mengelola keuangan bisnis, usaha, pribadi maupun untuk keluarga sebaiknya seseorang lebih cermat serta mampu membuat manajemen yang baik agar bisa mencapai kenyamanan pada segi finansialnya.

Perlu anda perhatikan bahwa mengelola keuangan itu bukanlah hal yang mudah,  butuh ketelitian dan kejelian dalam mengaturnya.

Tidak kalah pentingnya juga yakni skill yang mumpuni dalam hal ini. Biasanya orang yang mampu menghandle hal ini adalah mereka yang memiliki basic pendidikan akuntansi.

Dalam beberapa kasus ada banyak orang yang masih single namun justru sering mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan pribadi. Padahal sebenarnya alokasinya cukup pada kebutuhan pribadinya.

Kegagalan semacam ini biasanya disebabkan oleh beberapa kesalahan besar maupun kecil yang dilakukan oleh yang bersangkutan. Oleh karena itu anda perlu hati hati dalam mengelola kuangan supaya tidak habis setiap akhir bulan.

Kesalahan yang kerap melanda saat mengelola keuangan keluarga

Apa saja yang acap kali menjadi persoalan dan melanda manajemen keuangan keluarga, simak ulasan berikut hingga tuntas.

#1 Tidak adanya anggaran rumah tangga

Ketika anda sudah berumah tangga maka perhatian anda tidak hanya terfokus pada diri anda sendiri, melainkan pada anggota keluarga anda dan masalah yang anda hadapi pun juga cukup kompleks.

Tanggung jawab anda pun juga bertambah. Oleh karena itu sebaiknya perlu berhati hati dalam mengelola keuangan keluarga anda.

Jika tidak mau ada masalah dalam pengelolaan keuangan, maka suatu keharusan bagi anda untuk membuat anggaran belanja rumah tangga secara periodik.

Tidak jarang para pasangan suami istri melalaikan hal ini akibatnya keuangan rumah tangga merekapun menjadi terganggu.

Salah satu anggaran yang perlu anda perhatikan adalah anggaran pendidikan anak. Untuk anggaran yang satu ini sifatnya memang sangat penting karena menyangkut masa depan anak anda.

#2 Pengeluaran yang tidak terkontrol

Jika anda sudah memiliki anggaran yang cukup baik setiap bulannya maka resiko terjadinya masalah ini dapat diminimalisir.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika anda sudah berumah tangga maka pengeluaran yang dilakukan harus anda perhatikan dengan seksama. Bukan tidak mungkin jika anda kurang sadar terhadap hal ini maka pengeluaran yang tidak terkontrol justru akan memperburuk kondisi keuangan finansial keluarga anda.

#3 Tidak membuat long term plan

Long term plan atau rencana jangka panjang sangat penting untuk anda buat pada masa masa awal pernikahan.

Karena hal ini sangat tegas untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terjadi pada keuangan anda.

Sebaiknya bicarakan baik baik hal ini dengan pasangan dan tentukanlah apa yang menjadi prioritas dan tujuan utama dalam hidup bersama.

Oleh karena itu segala sesuatu yang menyangkut kehidupan bersama harus di rundingkan dengan pasangan anda, supaya nantinya tidak terjadi salah paham.

Jangan lupa simak juga ulasan terkait tentang cara mengelola keuangan pribadi yang baik serta artikel menarik lainnya tentang nasihat keuangan agar bisa mencapai sukses finansial.

#4  Kesalahan dalam memilih asuransi

Auransi merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan keluarga. Asuransi adalah salah satu investasi jangka panjang. Namun tidak semua orang melakukan investasi melalui asuransi.

Saat ini sudah banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, tinggal anda mau memilih yang mana. Usahakan untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Jangan malah asuransi ini menjadi beban bagi kehidupan kedepannya.

#5 Tergesa-gesa berinvestasi

Kesalahan yang sering kali terjadi dalam mengelola keuangan keluarga berikutnya adalah terburu buru dalam melakukan investasi.

Namun hal ini pastinya tidak mungkin terjadi apabila anda selektif dalam melakukan segala hal. Pada umumya tahap investasi bisa dilakukan oleh keluarga ketika pengelolaan keuangan keluarga telah mencapai keberhasilan.

Tidak jarang justru investasi bisa menjadi momok bagi anda ketika sejak awal sudah salah dalam memilihnya.

Sebenarnya investasi merupakan salah satu kebutuhan untuk masa depan keluarga, untuk itu perlu pertimbangan yang matang untuk mengambil keputusan tentang hal ini.

Bila anda tepat dalam memilihnya maka keberhasilan sudah jelas di depan mata. Dengan menghindari beberapa kesalahan di atas, maka pondasi keuangan keluarga anda akan semakin kuat.

Berusahalah untuk selalu mendiskusikan pilihan yang terbaik bagi keluarga anda kepada pasangan supaya keluarga anda bisa mendapatkan kebaikannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *