Advertisement

Tips Mengatur Alokasi Modal Usaha Untuk Meningkatkan Keuntungan

Meningkatkan keuntungan binis dan usaha

Dalam manajemen bisnis yang baik, mampu mengelola modal usaha yang bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dan keuntungan merupakan strategi yang harus dikuasai oleh seorang pengusaha.

Hal inilah yang akan menentukan jangka panjang bisnis tersebut dapat terus berjalan dengan baik serta menunjukkan perkembangan yang positif.

Ada beberapa faktor yang cukup mempengaruhi kelangsungan sebuah perjalanan bisnis dan usaha agar tetap mampu bertahan dengan manajemen modal yang tepat diantaranya adalah:

  • Rekening terpisah
  • Alokasi pengeluaran
  • Pembukuan
  • Hutang
  • Pengawasan
  • Konsultan

6 Strategi tepat untuk meningkatkan keuntungan dengan manajemen yang rapi

Berikut ini adalah uraian selengkapnya mengenai 6 poin seperti yang telah disebutkan di atas.

#1 Membuat rekening terpisah untuk mengatur modal dan keuangan usaha

Sebagai pemilik usaha, tentunya anda bebas ingin menempatkan keuangan dimanapun sesuka anda.

Akan tetapi dengan mencampur antara uang pribadi dengan uang perusahaan adalah bukan cara yang bijaksana untuk menuju ke jenjang yang lebih baik.

Meskipun usaha dan bisnis anda masih terbilang kecil, ini justru sebuah upaya belajar agar semua bentuk kegiatan uasaha khususnya pengelolaan modal dapat tertata dengan rapi.

Simak lebih lengkap tentang cara tepat mengelola keuangan pribadi serta artikel menarik tentang cara yang bijak mengelola keuangan bisnis dan usaha.

#2 Membuat pos atau alokasi pengeluaran yang terencana

Jika langkah pertama telah dapat memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis maka selanjutnya adalah bagaimana cara membuat pos pos atau anggaran yang baik untuk usaha.

Ada 3 faktor utama yang cukup penting dalam menentukan alokasi dana dari modal yang tersedia, sehingga upaya meningkatkan keuntungan bisnis anda dapat terorganisir dengan baik yaitu:

  • Berapa persen pengeluaran operasional
  • Berapa persen target laba
  • Dana atau kas cadangan

#3 Memiliki catatan pembukuan yang baik

Sebagai seorang pebisnis pemula seringkali mengabaikan hal ini karena pada umumnya merasa bahwa belum perlu terlalu detail untuk mencatat manajemen usahanya karena terbilang masih merupakan jenis usaha kecil.

Sebenarnya ini adalah bentuk dari keseriusan anda dalam berbisnis. Dengan membuat catatan sekecil apapun, maka perputaran keuangan akan dapat dengan mudah diperiksa.

Berapa nilai keuntungan, bagaimana cara berhemat atau apa saja yang menyebabkan pembengkaan anggaran tidak perlua anda bersusah payah mengingat diluar kepala jika pembukuan bisnis telah anda buat sejak awal.

#4 Meminimalisir atau menekan untuk mengurangi hutang

Hutang seringkali menjadi momok paling berbahaya untuk kelangsungan bisnis dan usaha.

Bagi yang baru saja memulai sebuah bisnis, sebaiknya menghindari segala bentuk hutang hanya untuk pengadaan barang atau keperluan yang masih belum terlalu mutlak diperlukan.

Contoh paling jelas adalah, nekat berhutang untuk membeli mobil sebagai sarana transportasi pengiriman barang dagangan, padahal masih cukup bisa dilakukan dengan menggunakan motor atau kendaraan umum.

Poin ke empat ini memang sangat erat dengan mental dan gengsi jiwa seorang pengusaha. Maka dari itu setidaknya seorang pebisnis harus mampu belajar mengendalikan diri sendiri sebelum terjun memimpin orang lain.

#5 Pengawasan, monitor dan kontrol keuangan bisnis

Setelah usaha dapat berjalan dan mulai menampakkan laju penghasilan maka uapaya yang akan mempengaruhi strategi cara mengingkatkan pendapatan anda adalah pengawasan yang optimal.

Monitor dan mengontrol keuangan ini lebih ditekankan untuk jangka panjang perusahaan bahkan untuk per-empat bulan atau per-tahun kedepan.

#6 Selalu berkonsultasi dengan ahlinya

Ini adalah tindakan yang lebih baik untuk mendapatkan segala bentuk informasi yang bersifat membangun.

Dan sebaik baik informasi yang berguna untuk kelangsungan bisnis dan usaha adalah didapat dari sumber atau ahlinya langsung, minimal adalah yang telah memiliki pengalaman dalam bidang yang sejenis dengan bisnis anda.

Apabila dari ke 6 poin diatas dapat dilakukan secara tepat, minimal adalah mampu menerapkan prinsip dasarnya, maka cara meningkatkan keuntungan dalam berbisnis tentunya akan lebih mudah dicapai.

Baca juga tentang strategi menyusun komposisi tim kerja yang efektif dan ulasan menarik tentang faktor faktor yang menyebabkan kegagalan bisnis dan usaha.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *