Advertisement

Menentukan Harga Jual Produk, Perhatikan 7 Hal Berikut Sebagai Strateginya

Menentukan harga jual produk

Untuk menentukan harga jual dari sebuah produk entah itu berupa barang ataupun jasa bukanlah hal yang mudah. Bila salah dalam mengambil keputusan maka resikonya usaha anda akan gulung tikar.

Dengan susah payah mendirikan usaha tersebut namun dengan begitu mudahnya akan hancur hanya dengan satu kesalahan yaitu penentuan harga. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan harga supaya tidak terjadi kesalahan.

Namun tidak semua cara tersebut bisa anda terapkan dalam berbagai jenis produk yang akan dijual. Beberapa faktor yang seringkali menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah mengamati harga yang sudah eksis atau milik pesaing.

Pada umumnya ada dua hal penting yang harus anda perhatikan yaitu:

  1. Jangan menetapkan harga terlalu rendah untuk setiap produknya, karena anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Bagaimana mungkin usaha yang anda dirikan akan terus berjalan tanpa mendapatkan laba dari penjualan yang anda lakukan.

Selain itu dengan menetapkan harga yang rendah pada produk, akhirnya akan mempengaruhi kegiatan produksi usaha itu sendiri. Tidak jarang para pengusaha menerapkan strategi ini hanya demi mendapatkan pelanggan yang banyak dan bisa meningkatkan penjualan, namun justru hasil yang minim bisa didapatkan.

  1. Jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi. Karena biasanya konsumen sangat rentan terhadap harga dan tidak segan untuk meninggalkan usaha anda untuk memilih produk milik pesaing yang mereka anggap lebih murah.

Jadi sebelum menetapkan harga jual produk sebaiknya dilihat terlebih dahulu daya beli konsumen yang menjadi target anda, jika mereka memiliki daya beli yang tinggi maka akan aman aman saja jika menetapkan harga yang tinggi.

Jangan lupa simak juga tentang pilihan jenis usaha dan bisnis dagang paling menguntungkan serta ulasan lainnya mengenai cara menghitung keuntungan bisnis paling sederhana.

Yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan harga jual produk diantaranya adalah:

#1 Menentukan berapa pendapatan yang ingin dihasilkan dari produk tersebut

Tetapkan target pendapatan untuk setiap bulannya. Yang dimaksud dari pendapatan di sini bukan hanya kembalinya modal, akan tetapi semua pemasukan yang anda peroleh yang bisa menutup semua biaya yang telah anda keluarkan serta laba atau keuntungannya.

Tidak jarang para pengusaha salah mengartikan jika besarnya tingkat penjualan itu dipengaruhi oleh harga jual produk saja, namun kenyataannya yang menentukan adalah strategi penjualan yang anda lakukan dan pemilihan konsumen terhadap produk.

#2 Menentukan prioritas usaha

Dengan menentukan prioritas usaha, maka anda bisa menentukan besaran harga jual produk.

Selain itu anda juga bisa meningkatkan dan memperluas wilayah pemasaran sehingga keuntungan yang anda dapatkan akan lebih besar dari biasanya.

Namun sebaiknya harus tetap mempertahankan kualitas produk anda. Jangan ketika usaha telah meluas tetapi anda ceroboh dalam memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan. Maka resikonya usaha anda akan ditinggal oleh para pelanggan, karena dianggap tidak lagi bisa dipercaya.

#3 Mempertimbangkan kemampuan konsumen

Dalam menentukan harga jual produk, sebuah perusahaan tidak semata mata menetapkannya, akan tetapi mereka perlu melakukan berbagai pertimbangan salah satunya mengenai kemampuan atau daya beli konsumen.

Semakin anda tahu keadaan konsumen yang menjadi target pemasaran, maka anda pun juga akan semakin tahu berapa besaran harga yang bisa anda tetapkan untuk setiap produknya.

Alangkah lebih baik anda melakukan survey berdasarkan demografi sehingga bisa mendapatkan gambaran harga yang bisa ditetapkan.

#4 Biaya produksi

Dengan menghitung besaran biaya produksi yang telah anda keluarkan disertai dengan target keuntungan yang ingin anda peroleh maka anda bisa menentukan besaran harga jual setiap produknya.

Ingat ya kalau yang namanya biaya produksi itu bukan hanya biaya yang telah terlihat saja melainkan seluruh biaya yang telah anda keluarkan selama proses produksi.

#5 Sesuai dengan target awal

Untuk bisa menetapkan harga produk hal yang perlu anda pertimbangkan selanjutnya adalah mengenai target pendapatan yang ingin anda peroleh.

Faktor faktor lain yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai biaya pemasaran dan biaya promosi.

Baca juga ulasan terkait mengenai analisa masalah produk tidak laku dan sepi pembeli serta artikel menarik lainnya tentang strategi pemasaran paling efektif dan efisien.

#6 Mengetahui harga kompetitor

Nah, hal lain yang perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk adalah dengan mengetahui harga produk dari kompetitor anda.

Apakah harga yang mereka tetapkan sebanding dengan produk anda atau tidak. Maka anda bisa menjadikannya sebagai patokan dalam menentukan harga jual produk nantinya.

Dan perhatikan juga apakah produk anda memiliki keunggulan atau tidak jika dibandingkan dengan produk pesaing yang ada. Maka dengan ini sebaiknya anda bisa menambahkannya sebagai nilai plus dari produk anda agar dapat memenangkan persaingan bisnis.

#7 Monitor harga

Setelah menetapkan harga produk yang tepat maka langkah final adalah memonitor harga tersebut secara terus menerus supaya bisa diketahui tingkat penjualannya dan anda juga bisa melihat berapa keuntungan yang diperoleh pada akhirnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *