Advertisement

Tips Mencari Rekan Bisnis Yang Efektif Untuk Bekerjasama Yang Baik

Cara Mencari Rekan Bisnis yang Baik

Mencari rekan atau mitra bisnis yang paling efektif sebagai partner kerjasama sebaiknya tidak asal memilih karena ini akan mempertaruhkan masa depan bisnis itu sendiri atau yang sedang dikelolanya.

Telah banyak contoh permasalahan yang mana perjalanan bisnis menjadi hancur hanya karena hubungan antara partner kerjasama yang kurang efektif sehingga akan berdampak juga terhadap para klien atau konsumen.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar anda bisa menemukan mitra bisnis yang tepat dan memberikan kinerja yang efektif.

6 Tips menemukan mitra bisnis atau rekan kerja yang tepat

#1 Harus Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Poin pertama adalah memastikan bahwa calon rekan bisnis yang anda pilih memiliki kesamaan visi dan misi.  Perbedaan visi dan misi akan sangat sulit dipadukan untuk menjalankan sebuah bentuk kerjasama yang efektif. Ujung ujungnya anda dan partner akan sering kali berselisih ide, gagasan dan paham. Dan biasanya perkara inilah yang dapat menyebabkan bisnis tidak cepat berkembang dengan bik.

Kesamaan visi dan misi bersama mitra kerja akan membentuk sikap saling mendukung, kompak dan saling membantu dalam membangun bisnis, yang akhirnya menjadikan usaha lebih cepat maju.

#2 Memiliki Kemampuan (SDM)

Partner bisnis yang anda pilih sebaiknya memiliki kemampuan atau sumber daya manusia yang bernilai tinggi sehingga akan meringankan pekerjaan anda.

Kesalahan paling umum dalam memilih mitra bisnis adalah hanya berdasarkan hubungan teman, saudara atau kerabat namun tidak mempertimbangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga hanya akan menambah beban dalam menjalankan tugas anda.

#3 Pastikan Partner Anda Paham Jenis Bisnisnya

Sangat penting bagi mitra anda agar memahami model bisnis yang nantinya dijalani. Sebaiknya dihindari mencari rekan kerja yang hanya karena memiliki modal saja, karena hal ini nantinya justru tidak akan memberikan benefit positif.

Upaya mengajari rekan bisnis tentang apa yang harus dikerjakannya justru akan memperlambat perjalanan bisnis anda. Maka lebih diutamakan agar bisa mencari mitra yang sudah senior dan bukannya seorang pendatang baru dalam bisnis tersebut.

#4 Memiliki Kredibilitas Baik

Jangan asal comot orang untuk menjadi rekan bisnis tanpa mengetahui kepribadiannya atau histori hidupnya selama ini.

Akan lebih baik mempelajari latar riwayat hidupnya secara teliti. Memastikan calon rekan bisnis anda memiliki pengalaman bisnis yang baik dan hindari calon partner yang memiliki rekam jejak yang buruk, misalkan saja pernah melakukan tindakan kecurangan atau kejahatan.

#5 Mengetahui Sikap Calon Partner Anda

Ini sangat penting anda perhatikan agar tidak salah dalam memilih rekan bisnis yaitu bisa mengetahui sifat dan sikapnya terhadap situasi bisnis bagaimana ia mengambil keputusan serta cara ia menyelesaikan persoalan.

Jauhi rekan kerja yang suka ngotot hanya mengutamakan kehendaknya tanpa ada kebijakan yang dipertimbangan atas dasar kepentingan bersama.

#6 Dapat Dipercaya

Apapun alasannya, seorang rekan kerja yang bisa dipercaya jauh lebih baik dripada mereka yang hanya memiliki kepintaran saja.

Seorang rekan bisnis yang dapat dipercaya tentunya akan membuat anda lebih nyaman tanpa ada rasa curiga dan keraguan. Saling curiga dalam berbisnis justru akan membuat perjalanan bisnis anda terganggu seta sulit berkembang.

Baca juga artikel tentang tips membangun tim kerja yang efektif serta ulasan menarik lainnya tentang sistem kerjasama bagi hasil dengan mitra kerja yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *