Advertisement

5 Tips dan Strategi Menaikkan Harga Tanpa Takut Ditinggalkan Konsumen

Strategi menaikkan harga barang yang pas untuk konsumen

Semua orang pasti merasa resah dan tidak senang bila semua harga barang mengalami kenaikan.

Apalagi para pelaku usaha mereka akan serba kesulitan bila harga barang baku naik maka tentu saja harga jual produknya pun juga akan naik dan pasti para pelanggan akan mulai melakukan komplain dengan keadaan tersebut.

Namun di sisi lain ada beberapa faktor faktor produksi yang memang membutuhkan kenaikan harga. Dan karean ini pun menyebabkan daya beli konsumen menjadi menurun.

Tidak heran jika harga dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang utama dalam membeli sebuah produk.

Menentukan kenaikan harga barang agar tetap memperoleh konsumen

Untuk mengatasi hal ini, apa saja yang perlu dilakukan kalau memang harga harus naik? Jika anda tetap memaksakan untuk menjual produk anda dengan harga lama maka hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kondisi usaha anda.

Selain keuntungan yang anda dapat itu sangat sedikit maka tidak bisa dihindari jika sesuatu saat usaha anda akan mengalami goncangan yang cukup berat.

Berikut ini ada beberapa tips dalam menaikkan harga yang bisa anda terapkan tanpa harus takut kehilangan konsumen.

#1 Sosialisasi kepada konsumen

Yang harus anda lakukan pertama kali ketika menaikkan harga adalah konsumen harus tahu apa yang sedang anda rencanakan, hal ini dilakukan supaya nanti ketika rencana telah diterapkan konsumen tidak kecewa.

Apalagi mereka yang sudah setia kepada usaha anda selama bertahun tahun lamanya, beritahulah rencana ini kepada mereka jauh jauh hari sebelum merealisasikannya supaya mereka bisa memahami keputusan anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi media sosial untuk menyebarkan berita ini kepada masyarakat atau bisa juga dengan memasang pemberitahuan di tempat usaha anda, supaya konsumen bisa melihatnya secara langsung.

Dengan ini maka konsumen tidak akan merasa kecewa dengan keputusan yang anda buat.

#2 Terbuka pada konsumen

Setelah pemberitahuan anda lakukan maka langkah selanjutnya adalah dengan terbuka kepada konsumen.

Maksudnya di sini adalah ungkapkanlah kepada mereka secara jujur apa yang menjadi alasan anda dalam menaikkan harga maka dengan berkata seperti itu konsumen akan memahami keadaan anda.

Dengan sikap keterbukaan anda seperti ini maka konsumen akan percaya kepada anda dan terus loyal dengan usaha anda.

Simak juga ulasan terkait tentang cara menentukan harga jual produk serta artikel menarik lainnya mengenai tips meningkatkan omset penjualan dalam bisnis dagang.

#3 Memberikan bonus

Ketika konsumen datang ke tempat usaha anda dan mereka akhirnya tahu harga telah anda naikkan maka bukan tidak mungkin mereka akan mengurungkan niat mereka untuk membeli.

Hal hal seperti ini tidak jarang terjadi, bahkan kalaupun mereka bersedia membeli pada akhirnya mereka akan mengeluh dan memutuskan untuk tidak akan membeli lagi di tempat anda.

Maka dari itu untuk mengantisipasi hal hal semacam ini anda perlu melakukan sebuah inovasi untuk mengatasinya.

Salah satu caranya yakni dengan memberikan bonus kepada konsumen. Dengan cara ini maka konsumen tidak akan merasa terbebani dengan kenaikan harga tersebut, justru mereka akan merasa diuntungkan akan hal ini.

Pada umumnya konsumen sangat suka ketika mendapatkan hadiah atau bonus karena mereka merasa sangat diperhatikan oleh para pelaku usaha. Dengan begitu maka dampak psikologis bagi konsumen sangatlah besar.

#4 Bundling

Tips selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan melakukan strategi bundling. Apa itu bundling? Bundling merupakan sebuah strategi pemasaran dengan menawarkan produk dengan paket tertentu.

Misalnya saja pembelian dua box kopi maka akan mendapatkan 1 box teh. Ya, mungkin cara cara seperti itu bisa anda coba untuk diterapkan di dalam usaha anda.

Strategi seperti ini akan memberikan kesan kepada konsumen bahwa kenaikan harga yang dilakukan oleh produsen tidaklah terlalu besar.

#5 Upgrade mutu dan layanan

Cara yang terakhir yakni dengan memperbaiki kemasan produk supaya lebih menarika, membuat layout toko offline menjadi lebih fresh, meningkatkan mutu layanan menjadi lebih ramah, responsive dan care.

Kemudian anda bisa menaikkah harga. Dengan ini maka konsumen tidak merasa kaget dengan keputusan yang anda ambil, karena mereka merasa apa yang anda berikan sepadan dengan harganya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *