Advertisement

Tips Memilih Produk Asuransi Yang Tepat Untuk Keluarga

Memilih Asuransi Terbaik Dan Tepat

Cara memilih produk asuransi yang terbaik dan tepat untuk keluarga bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat digunakan serta dimanfaatkan secara maksimal seperti yang diharapkan.

Sebagian masyarakat sudah begitu memahami akan fungsi memiliki sebuah produk asuransi untuk kelangsungan hidupnya dimasa yang akan datang.

Hal ini meyesuaikan dengan tingkat ekonomi yang mana kebutuhan pokok juga semakin meningkat, maka dengan memilih asuransi yang tepat akan menjadikan sebuah investasi yang secara tidak langsung dapat membantu kesulitannya di waktu mendatang.

Cara memilih asuransi yang tepat dan efektif agar sesuai kebutuhan

Berencana ingin memiliki produk asuransi yang dapat berfungsi secara efektif untuk keluarga, simak beberapa tips berikut ini sebagai bahan referensi.

#1 Penjual produk asuransi harus memiliki lisensi

Bagaimana cara paling mudah untuk memastikan bahwa agen asuransi tersebut adalah resmi ?

Pastikan penjual produk suransi tersebut sudah terdaftar dalam keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Setiap agen resmi pasti telah memiliki kartu AAJI baik itu yang bersifat sementara maupun yang telah berlisensi penuh.

Hal ini sangat perlu diklarifikasi kepada pihak penjual asuransi untuk memastikan kemampuan dan kredibilitas agen tersebut.

Apabila seseorang telah menjadi agen resmi, maka ia akan memiliki tanggung jawab besar terhadap produk asuransi yang dijualnya.

Terlebih lagi akan memberikan pertanggungjawaban terhadap klien atau peserta yang menjadi bagian dari tanggungannya.

#2 Memahami kemampuan untuk menyesuaikan kebutuhan

Membeli produk asuransi tidak semudah memilih produk yang dapat disentuh, sehingga harus direncanakan dengan matang karena pilihan anda akan membawa dampak yang sangat panjang sampai seumur hidup anda.

Pada prinsipnya asuransi adalah merupakan dana pertanggungan yang akan diberikan kepada pemegang polis asuransi.

Juga perlu diketahui bahwa asuransi jiwa mengandung unsur asuransi dasar yaitu asuransi kematian dan asuransi cacat tetap.

Hakikatnya produk asuransi dasar maupun asuransi tambahan memiliki biaya yang harus dibayarkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya biaya ini akan dikurangkan dari premi yang dibayarkan.

Artinya semakin lengkap berbagai bentuk perlindungan yang akan anda pilih untuk keluarga, maka biaya yang akan anda bayarkan juga sudah pasti harus besar.

Untuk hal ini sangat penting memahami kemampuan dalam segi ekonomi keluarga sehingga harus menentukan pilihan produk asuransi yang terjangkau dan minimal sudah memiliki perlindungan yang efektif bagi keluarga.

#3 Kenali dengan baik pihak penjual produk asuransi

Jangan pernah terburu buru untuk mengambil keputusan ketika akan memilih asuransi yang sedang ditawarkan kepada anda.

Disisi lain memang jangan pernah menunda untuk membuat proteksi terhadap diri sendiri  atau untuk keluarga yang tidak akan pernah anda tau prediksinya apa yang akan terjadi esok atau lusa.

Untuk itu sembari mencari sumber referensi yang lain, mengenali beberapa tanda tanda perusahaan asuransi yang terpercaya bisa dengan cara sebagai berikut:

  • Umur perusahaan berdiri
  • Prestasi perusahaan
  • Saham yang dimiliki perusahaan

Umur perusahaan sangat menentukan kredibilitas sebuah perusahaan karena itu membuktikan eksistensi perusahaan yang terus berjalan diterpa berbagai kesulitan perekonomian dari masa ke masa.

Prestasi perusahaan merupakan keterlibatan perusahaan asuransi di dalam ajang kompetisi sangat penting karena basis bisnis asuransi adalah jasa. Jadi komitmen untuk melayani pelanggan dengan baik menjadi bukti kesungguhan perusahaan tersebut dalam menjaga kepercayaan customer.

Saham perusahaan atau permodalan, ada banyak pendapat bahwa asuransi non lokal lebih kuat jika dibandingkan dengan asuransi lokal. Memang pada kenyataannya ada asuransi lokal yang gulung tikar gara-gara permodalan yang tidak kuat dan hanya sebagai konglomerasi dari perusahaan yang ada.

#4 Membandingkan dengan produk asuransi yang lain

Untuk memilih hinga mendapatkan produk  asuransi yang terbaik maka perlu memperoleh informasi atau sumber referensi yang lain sebagai bahan perbandingan.

Hal ini harus melibatkan lebih dari satu perusahaan penyedia produk asuransi kemudian anda harus meminta ilustrasi mengenai berbagai aspek yang di cakup oleh produk tersebut.

Agar anda mampu dengan bijak membedakan mana perusahaan asuransi yang terbaik, tentunya tidak lepas juga dari 3 tips yang sebelumnya tadi tetap harus anda terapkan.

Kemudian dengan berbagai pertimbangan yang matang, maka diharapkan produk asuransi yang anda pilih nantinya akan tepat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga anda. Simak juga tentang jenis investasi yang aman dan menguntungkan.

1 Comment

  1. Arman

    January 30, 2017 at 10:05 am

    Menarik artikelnya Produk Asuransi Yang Tepat Untuk Keluarga, sebelumnya saya negatif tentang Asuransi. waktu itu gara-gara yang ikut asuransi pendidikan untuk anak tapi perkembangan nilai investasi jauh dari yang saya harapkan.Negatif saya dengan produk asuransi ternyata kurang tepat karena ternyata ada perusahaan asuransi yang memberikan nilai investasi yang sangat menarik menurut pendapat saya yaitu Asuransi CAR dengan sistem 3i-Networks http: //www. 3i-networksonline.com/ dengan berbagai kelebihannya.

    1. Jangka waktu Idel hanya 5 Tahun
    2. Nilai Investasi antara 14% s/d 20%
    3. Memiliki Potensi penghasilan Passive Income

    Lebih tepatnya Nabung Gratis dapat penghasilan Bulanan dengan potensi passive income dan bisa diwariskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *