Advertisement

9 Langkah Sederhana Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis dan Usaha

Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis Usaha

Bagaimana cara dan strategi jitu untuk bisa memenangkan ketatnya persaingan usaha dan bisnis yang kian hari semakin sengit tentunya harus didukung oleh banyak faktor penentu.

Melihat banyaknya jumlah pencari pekerjaan yang tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja maka sudah jelas berdampak pada pengangguran yang juga tidak sedikit.

Untuk menghadapi permasalahan ini sudah tentu hanya dengan solusi membangun bisnis dan usaha sendiri adalah sebagai jawabannya. Akan tetapi tidak jarang bagi pemula kurang percaya diri untuk memulai hal ini karena melihat banyaknya persaiangan yang sudah menghadang.

Strategi memulai bisnis dan menghadapi persaingan

Ulasan kali ini adalah mengenai bagaimana cara bagi seorang pebisnis pemula agar mampu menghadapi dan memenangkan persaingan usaha dengan menganalisa 9 faktor berikut ini.

#1 Konsep bisnis yang jelas

Sama halnya dengan sebuah perencanaan yang matang mengenai usaha apa yang akan anda bangun sebaiknya harus sudah melalui beberapa tahap analisa serta berbekal dengan komponen pendukung yang memadai.

Menentukan konsep bisnis sebenarnya ada banyak sekali namun secara garis besar adalah hanya persoalan seberapa banyak peminat atau calon konsumen yang akan anda bidik serta meminati produk anda nantinya.

Biasanya meskipun persaingan bisnis ini ketat namun jika konsumen melimpah maka minimal anda masih memiliki kesempatan untuk turut berkompetisi didalamnya.

#2 Lokasi tempat usaha

Menghadapi persaingan di dunia bisnis juga dapat dilakukan dengan penentuan lokasi usaha yang tepat.

Apabila sudah banyak pelaku bisnis dengan produk sejenis dan berada pada tempat berdekatan dengan usaha anda maka akan lebih baik jika anda mulai memperhitungkan atau merencanakan membuka lokasi ditempat lain sebagai cabangnya.

#3 Mulai menganalisa persaingan

Mulailah membuat analisa terhadap persaingan pasar untuk mengetahui siapa dan seberapa kuat lawan bisnis anda.

Hal ini terbilang sangat penting dilakukan sebagai persiapan awal untuk menyusun strategi dan menghadapi persaingan berikutnya.

Seperti yang pernah diulas sebelumnya yaitu tentang 4 cara membuat analisa bisnis yang meliputi (kekuatan), Weakness (kelemahan), Oppurtunities (peluang) dan Threats (ancaman) atau sering disingkat SWOT.

Simak ulasan selengkapnya mengenai cara membuat analisis SWOT untuk membangun bisnis.

#4 Seberpa penting anda membangun mitra atau partner

Untuk dapat melakukan expansi bisnis, maka mitra kerja atau partner sudah selayaknya ikut diperhitungkan sebagai bagaian dari kekuatan.

Membentuk mitra dan tim kerja memang tidak mudah jika anda ingin membuahkan kinerja yang optimal dalam bisnis yang anda jalankan. Untuk itu simak lebih detail mengenai cara menyusun tim kerja yang efektif dan berkualitas.

#5 Promosi atau beriklan

Promosi juga merupakan salah cara agar anda dapat memenangkan persaingan bisnis, dengan melakukan promosi akan membuat bisnis anda semakin dikenal dan semakin meluaskan pasar.

Promosi yang efektif tentunya akan mendatangkan konsumen kemudian ketika mereka puas sudah pasti akan memberikan kontribusi yang baik bagi kelangsungan usaha anda.

Dengan demikian secara otomatis bisnis yang anda bangun akan semakin menguat dan cukup mudah dalam menghadapi persaingan.

#6 Pelayanan yang memuaskan

Apapun alasannya, konsumen butuh perhatian atau pelayanan yang baik sebelum mereka mendapatkan barang yang di inginkan.

Memenangkan ketatnya persaingan usaha bukan hal yang sulit jika anda sudah dapat menguasai poin yang satu ini.

Dengan pelayanan yang baik, konsumen akan merasa sangat anda perdulikan.

#7 Jalin hubungan yang baik dengan pelanggan

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan akan memberikan banyak manfaat bagi jalannya bisnis anda kedepannya.

Pelanggan yang merasa memiliki hubungan baik dengan anda akan memberikan feedback (sinyal positif) yang secara otomatis akan dilihat oleh calon pelanggan baru anda.

#8 Perhatikan kualitas produk

Produk bukan berarti hanya berupa barang saja bahkan jasa yang anda tawarkan dalam bisnis merupakan sebuah produk yang sebaiknya harus bisa membuat konsumen puas.

Bersaing dengan membuat harga yang lebih terjangkau memang terbukti dapat mendongkrak penjualan, namun alangkah baiknya tidak mengorbankan kualitas sehingga ini dapat membuat konsumen percaya untuk jangka panjangnya.

#9 Evaluasi dan Inovasi

Apabila semua yang telah direncanakan sudah berjalan, maka jangan pernah untuk tidak melakukan evaluasi hal ini bertujuan agar anda bisa mendeteksi serta memperbaiki apa yang selama ini kurang tepat.

Selanjutnya semua jenis bisnis dan usaha akan membutuhkan inovasi sesuai dengan pertumbuhan ataupun trending pada waktu itu.

Melupakan inovasi akan membuat usaha anda cepat ditinggalkan karena para pendatang baru selalu siap untuk menghadirkan sesuatu yang lebih segar dan baru.

#10 Fokus memperkuat brand (merek)

Langkah terakhir agar bisnis anda mampu bertahan dalam persaingan adalah dengan tetap fokus memperkuat brand serta menjadikan merek anda semakin dikenal dan memperoleh kepercayaan dari konsumen.

Mengamati perilaku konsumen pada umunya adalah lebih memandang merek yang sudah terkenal dan mereka bahkan tidak peduli lagi dengan berapa yang harus ia bayar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *