Advertisement

Membuka Bisnis dan Usaha Tanpa Modal: Berikut Adalah Konsepnya

Membuka Bisnis Dan Usaha Tanpa Modal

Membuka usaha dan bisnis tanpa modal secara logika memang tidak mungkin, akan tetapi jika memanfaatkan minimnya dana sebagai bentuk modal adalah masih sangat memungkinkan.

Bagi seseorang yang ingin membuka atau memulai usaha baru, tidak memiliki cukup modal merupakan hambatan yang paling sering menjadi kendala.

Hal inilah yang menjadikan seseorang akhirnya tidak mampu untuk memiliki usahanya sendiri hanya karena anggaran awal yang tidak bisa disediakan.

Konsep memulai bisnis dan usaha tanpa modal menurut ahli

Adapun menurut pakar bisnis yang menyatakan bahwa keterbatasan modal bukanlah sebuah hambatan yang besar untuk tetap optimis menjadi seorang pengusaha sukses dengan 3 konsep yaitu:

  • Menjual kembali
  • Menawarkan Jasa
  • Menciptakan Sesuatu

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk membangun usaha walaupun dengan modal yang terbatas tentunya harus mampu mengkombinasikan keterampilan, etos kerja serta taktik pemasaran yang baik.

Berikut ini adalah praktik sesungguhnya yang akan mencetuskan sebuah konsep membuka bisnis dan usaha tanpa modal.

#1 Menjual kembali

Apabila untuk membuat sebuah produk baru adalah langkah yang cukup sulit untuk dilakukan, maka ada solusi lain agar program bisnis yang ditempuh tetap berjalan yaitu dengan cara menjual produk yang sudah ada.

Sebagai contohnya adalah telah banyak pengusaha berhasil meraih sukses hanya dengan melakukan jual beli produk saja tanpa harus membuat produk itu sendiri.

Sementara dengan anggaran modal minim tentunya masih memiliki peluang untuk bisa terjun dalam bidang ini, misalkan dengan membuat toko online atau hanya sekedar melakukan usaha pemasaran melalui media sosial.

Selain terkenal dengan modal yang kecil, strategi berbisnis dengan memanfaatkan internet ternyata lebih efektif sebab memiliki jangkauan cukup luas tanpa batas dan relative lebih cepat.

#2 Menawarkan jasa

Selanjutnya peluang bisnis dan usaha yang bisa dilakukan tanpa modal adalah dengan menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki atau dikuasai.

Hal ini tentunya harus melihat latar belakang serta passion yang dimiliki sehingga nantinya akan dapat terlihat lebih professional dalam bidang tersebut.

Sebagai bentuk contoh paling sederhana, seorang ibu rumah tangga yang sudah berpengalaman mengasuh dan menjaga anak anaknya, sedangkan disisi lain tidak memiliki aktifitas lain diluar rumah, maka kesempatan atau peluang bisnis tanpa modal yang bisa di bidik seperti menawarkan jasa penitipan anak, bimbingan belajar dan masih banyak lagi.

Simak juga tentang beberapa contoh bentuk usaha sampingan yang paling ideal untuk ibu rumah tangga.

#3 Menciptakan sesuatu

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk bisa menciptakan sesuatu dalam hal ini adalah produk selalu membutuhkan dana anggaran atau modal usaha guna menyediakan bahan baku keperluannya.

Meskipun demikian sebenarnya nilai jual yang nantinya akan diperoleh tetap akan lebih besar dari ongkos pembuatan produk tersebut.

Kemudian bagaimana jika memang kondisinya benar benar sangat minim akan modal usaha?

Memulai dengan yang terkecil adalah gagasan paling masuk akal. Memanfaatkan fasilitas dukungan dari program permodalan seperti mengajukan kredit KUR BRI atau bentuk modal usaha dari pemerintah lainnya bisa dijadikan pertimbangan agar peluang bisnis yang di incar dapat segera terlaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *