Advertisement

Belajar Membangun Bisnis Lebih Maju Dari Keluhan Pelanggan (Konsumen)

Menghadapi keluhan konsumen dan pelangan untuk membangun bisnis

Ingin belajar membangun usaha dan bisnis lebih maju dari bermacam keluhan pelanggan atau konsumen adalah salah satu langkah yang cukup bijaksana bagi seorang pengusaha yang berpikir cerdas.

Jika kita cermati, sebenarnya kegiatan ekonomi itu tidak jauh berbeda dengan rantau rantai makanan dengan tahap pertama kali produsen menciptakan barang atau jasa untuk kemudian di distribusikan kepada konsumen yang pada akhirnya feedbacknya kembali lagi kepada produsen.

Siklus ini berjalan terus menerus selamanya. Ketika siklus ini telah berjalan diantara kegiatan tersebut pasti ada respon dari konsumen berupa keluh kesah mereka terhadap produk yang anda hasilkan.

Tahap ini sangat penting bagi keberlangsungan usaha anda karean dengan adanya respon dari pelanggan inilah kemudian anda bisa mengevaluasi kegiatan bisnis yang sedang dijalankan.

Pentingnya menampung respon dari konsumen untuk menjadi bahan evaluasi bisnis dan usaha

Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua pelanggan itu bisa menyampaikan keluh kesah mereka terhadap barang dan jasa yang mereka konsumsi.

Hal ini bukan karena pihak produsen menolak complain mereka, tetapi tidak adanya kesempatan dan mereka biasanya cenderung membiarkan dan tiba tiba beralih ke perusahaan lain yang memiliki produk sejenis.

Ada juga yang hanya menggerutu tanpa mengutarakan keluh kesah mereka terhadap produsen, tidak jarang juga mereka menerima apa adanya karena tidak mau mempermasalahkan hal tersebut.

Mungkin saja ini sebenarnya wajar terjadi karena setiap konsumen itu sendiri memiliki perilaku yang berbeda.

Yang perlu anda antisipasi adalah ketika pelanggan yang merasa tidak puas justru menceritakan keluh kesah mereka kepada pelanggan lain sehingga hal ini bisa mengancam keberlangsungan usaha.

Selai itu kejadian sperti ini juga bisa membuat mereka lari dan mencari alterntif lain. Akhirnya perusahaan anda kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Namun kenyataanya bisa berbeda jika pelanggan tersebut mengatakan keluh kesah mereka secara langsung kepada anda sehingga bisa sesegera mungkin anda langsung melakukan evaluasi dan perbaikan semaksimal mungkin.

Apabila perbaikan yang telah anda lakukan tetap tidak mendapatkan tanggapan yang baik, dan mereka tidak bisa terpuaskan, maka hal ini akan membahayakan usaha anda. Karena mereka akan pergi dari bisnis anda akibat layanan yang anda berikan kurang maksimal. Sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak pun akhirnya pupus.

Simak juga ulasan terkait mengenai konsep strategi pemasaran untuk bisnis yang baru dimulai serta artikel menarik lainnya tentang langkah jitu untuk meluaskan pemasaran.

Tips menjadikan keluh kesah pelanggan sebagi motivasi dan inspirasi membangun bisnis

Untuk itu sebagai seorang produsen yang baik maka anda diharuskan untuk senantiasa bersabar menghadapi pelanggan yang memiliki karakter yang berbeda beda.

Jangan pernah mengabaikannya karena peran mereka lah usaha anda bisa berkembang dengan pesat. Nah, untuk menghadapi pelanggan seperti itu berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghadapinya.

  1. Menjadi pendengar yang baik dan bersabar. Ketika bertemu pelanggan yang menjengkelkan maka anda harus tetap bersikap ramah dan berusahalah untuk tetap mendengarkan keluh kesah mereka. Sekesal kesalnya anda tetaplah untuk tenang dan ingatlah bahwa pelanggan itu adalah raja.
  2. Alternatif solusi. Berikanlah solusi yang terbaik terkait dengan komplain yang diajukan oleh pelanggan. Ketika mereka tidak menyetujui maka tawarkanlah alternative solusi lain yang sekiranya bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut. Carilah solusi yang terbaik supaya bisa menguntungkan kedua belah pihak.
  3. Obati kekecewaaan dan kembalikan kepercayaan. Jika memang kesalahan terjadi dari pihak anda maka sebaiknya berikanlah ganti rugi untuk mereka sebagai upaya untuk meredam amarah mereka. Dan hal tersebut tidak tersebar ke mana mana.
  4. Komplain harus tercatat dan terevaluasi. Usahakan semua complain yang telah diajukan oleh konsumen itu dicatat dalam buku tersendiri sebagai bahan evaluasi supaya kesalahan yang sama tidak akan terjadi lagi. Karena hal tersebut sangat penting demi kemajuan usaha anda. Dan ingat segeralah untuk menindaklanjuti complain mereka supaya mereka tidak semakin kecewa.

Perlu anda ketahui bahwa komplain yang telah disampaikan oleh pelanggan itu pada akhirnya akan sangat berguna bagi usaha anda karena bisa menjadi support atau penyemangat untuk menjadi semakin baik dalam perencanaan dan pengerjaannya.

Selain itu ketika sebuah keluhan bisa anda selesaikan dengan maksimal dan dapat memberikan kepusasan kepada mereka, maka hal ini akan berdampak positif bagi usaha anda karena mereka akan lebih percaya lagi dengan anda sehingga meningkatkan loyalitas konsumen untuk bisa menjadi pelanggan tetap.

Pelanggan yang melakukan komplain sebenarnya secara tidak langsung mengindikasikan bahwa mereka sangat perhatian pada usaha anda. Karena dari keluhan inilah akhirnya membuat usaha anda semakin baik.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *