Advertisement

7 Tips Cara Sukses Menjadi Seorang Marketing Handal

Kunci Sukses Marketing Pemula

Menjadi seorang ahli marketing yang sukses dan handal akan sangat berperan penting pada keberhasilan bisnis karena marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar.

Sedangkan berapa banyaknya konsumen yang berhasil di gaet oleh sebuah perusahaan adalah sebagai penentu besar kecilnya pemasukan.

Kemudian jika semakin besar nilai pemasukan yang berhasil diperoleh maka perusahaan akan mudah untuk berkembang dan berlaku pula sebaliknya.

Kiat agar bisa menjadi seorang marketing handal dan sukses

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menerapkan strategi atau metode supaya kamu bisa menjadi ahli marketing yang potensial dalam berbisnis.

  • Strategi dan target konsumen
  • Menguasai dan berpengalaman terhadap produk
  • Memahami perilaku konsumen
  • Memperluas jaringan
  • Memperhatikan respon konsumen
  • Bersikap optimis
  • Memiliki teknologi pendukung

Mari kita jabarkan satu persatu dengan ulasan yang lebih luas mengenai pemahaman poin poin diatas.

#1 Buat strategi dan target konsumen

Strategi seorang marketing yang handal harus mampu menciptakan promosi yang dapat menarik perhatian konsumen.

Contoh paling umum adalah dengan membuat penawaran yang menggoda seperti potongan harga, memberikan bonus untuk jumlah pembelian diatas rata rata serta membuat undian berhadiah pada program dan ivent khusus.

Kegiatan promosi yang baik adalah dengan melibatkan langsung calon konsumen sebagai pesertanya untuk membangun loyalitas contohnya:

  • Mengadakan acara gerak jalan dengan bersponsor
  • Ivent live music disertai pengenalan produk

Sementara target yang jelas adalah poin paling penting agar dapat memahami segment pasar seperti produk A sebaiknya untuk konsumen tingkat apa ini harus benar benar jitu.

#2 Menguasai product knowledge

Seorang klien atau konsumen akan mempercayai kamu sebagai seorang marketing apabila informasi yang disampaikan kepada mereka dapat secara detail mengenai produk yang ditawarkan.

Membuat konsumen yakin memang tidak mudah, maka dengan ini sebagai marketing harus mengenal, menguasai serta sudah cukup berpengalaman terhadap barang atau jasa tersebut.

Sampaikan informasi akurat dan jelas mengenai kelebihannya, kualitas serta beragam informasi perbandingan dengan produk serupa dari pihak lain.

Jangan menutupi kekurangannya, namun gunakan bahasa yang seolah kekurangan tersebut masih dapat diatasi dengan pon lain.

#3 Memahami perilaku konsumen

Perilaku konsumen meliputi hal hal yang dapat kamu ketahui mengenai karakter konsumen yang akan dibidik.

Komunitas anak, remaja, pria, wanita atau masyarakat umum tentunya harus dapat dibedakan secara detail bahkan mengenai kalangan ekonomi atas atau bawah.

Cara paling cerdas untuk mengetahui perilaku konsumen, sebagai ahli marketing wajib mampu dan sanggup terjun berbaur secara langsung untuk beberapa saat sebagai kunci mengetahui apa minat serta kebutuhan calon konsumen.

Baca juga:

#4 Memperluas jaringan bisnis dan pertemanan

Menjalankan bisnis dan usaha memerlukan koneksi atau jaringan yang cukup luas agar memudahkan memperoleh beragam informasi yang akurat.

Peluang apapun dapat didapat dengan cepat apabila memiliki jaringan bisnis dan pertemanan yang luas seperti masalah permodalan, peluang bisnis baru, serta jalur pemasaran yang lebih efektif.

Peranan ahli marketing dalam hal ini adalah mampu berkomunikasi secara baik dengan siapapun dan dari segala jenis komunitas meskipun awalnya cukup sulit.

Apapun alasannya, semakin luas jaringan yang dibangun maka semakin bertamah besar pula peluang yang akan tercipta untuk memperoleh calon calon konsumen baru.

#5 Memperhatikan respon konsumen

Respon konsumen dan pelanggan memang selalu berbeda terhadap produk yang ditawarkan oleh seorang marketing.

Apabila mendapati respon yang cukup baik dari konsumen, jagan lupa untuk menyertakan moment tersebut sebagai bentuk testimony agar dapat diserap oleh calon konsumen baru.

Ini akan menjadi bukti nyata mengenai kualitas produk dan apabila mendapati respon buruk, maka jadikanlah ini bahan evaluasi dan strategi membenahi teknik pemasaran yang sedang dijalankan.

#6 Selalu bersikap optimis dan pantang menyerah

Aktifitas seorang marketing tidak luput dari bermacam rintangan dan hambatan dan sudah banyak orang yang gagal karena tidak sanggup untuk menghadapi situasi ini.

Dikejar target oleh pihak perusahaan serta mendapatkan penolakan dari konsumen hanyalah bagian paling umum yang harus siap dijalani.

Diluar dari 2 poin tersebut, sebenarnya masih sangat banyak kendala seorang marketing yang perlu di antisipasi seperti mental, kondisi lingkungan, tanggung jawab keluarga serta ekonomi pribadi.

Agar dapat menjadi seorang marketing sukses, memang harus memiliki sikap optimis dan percaya diri ketika menghadapi beragam karakter konsumen.

Pantang menyerah adalah ketika dalam kondisi tersulit masih sanggup meneruskan perjalanan meskipun hanya memiliki sedikit peluang. Akan tetapi jangan pernah memaksakan diri diluar logika agar tidak terlalu hancur jika gagal.

#7 Memiliki teknologi yang mendukung

Apapun jenis pekerjaannya tentu memerlukan alat komunikasi serta transportasi untuk mendukung mobilitasnya.

Pada era digital seperti sekarang ini, ahli marketing minimal adalah memiliki gadget yang memadai sebagai sarana terhubung dengan konsumen maupun digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih uptodate.

Contoh paling umum adalah memiliki smartphone yang juga bisa mendukung sebagai media promosi melaui internet dan terhubung dengan banyak akun sosial media. Simak juga informasi mengenai cara cerdas membangun strategi bisnis dan usaha paling efektif.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *