Advertisement

Aneka Macam Jenis Produk Asuransi Yang Tersedia di Indonesia

Produk Asuransi Yang Tersedia di Indonesia

Sangat perlu untuk anda ketahui beragam atau macam jenis produk asuransi yang tersedia di Indonesia sebagai pilihan yang sesuai dengan perlindungan yang anda inginkan.

Asuransi adalah salah satu cara manusia dalam melindungi dirinya dengan meminimalkan resiko yang mungkin kapan saja bisa terjadi.

Jadi apapun hal yang dapat terdampak resiko pada dasarnya bisa diasuransikan. Namun, bukan berarti semua klaim yang diajukan dapat langsung disetujui oleh pihak perusahaan asuransi.

Anda harus menyertakan beberapa bukti dan dokumen yang bisa menjadi pendukung pernyataan anda. Karena biasanya pihak pengasuransi akan memberikan formulir untuk nantinya anda isi sebagai bukti sekaligus bahan pertimbangan bahwa anda telah mengalami kerugian.

Pihak perusahaan sangatlah membutuhkan validitas dari bukti anda. Ketika nantinya klaim yang anda ajukan tidak terbukti, maka dengan pasti pihak pengasuransi akan menolak pernyataan anda.

Pilihan jenis asuransi untuk memberikan proteksi sesuai kebutuhan

Jika anda ingin mengetahui jenis jenis dari asuransi yang ada di Indonesia, berikut ini ulasan singkat mengenai definisi serta fungsinya.

#1 Asuransi kesehatan

Jenis asuransi ini dapat digolongkan menjadi asuransi yang dapat dengan mudah ditemukan oleh masyarakat yaitu asuransi kesehatan.

Orang yang bekerja pada perusahaan biasanya langsung mendapatkan asuransi kesehatan ini.

Mereka mendapatkannya sebagai hak yang harus mereka terima selain gaji karena hal ini sangatlah penting diterima oleh seorang karyawan.

Contoh dari asuransi kesehatan ini adalah asuransi rawat inap yang jenisnya ada 2 perlindungan yakni perlindungan dengan menggunakan system kartu dan perlindungan dengan system reimbursment.

Untuk jenis perlindungan yang menggunakan system kartu para pemegang polis yang sedang dirawat di rumah sakit tidak perlu repot dalam hal pembayarannya tinggal menunjukkan kartu providernya maka urusan akan beres.

Asuransi ini akan menanggung semua biaya perawatannya mulai dari biaya rawat inap, obat obatnya, kunjungan dokter, dan lain sebagainya.

Namun berbeda dengan jenis yang kedua, untuk jenis asuransi yang menggunakan system reibursment para pemegang polis diharuskan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit kemudian ia harus melakukan klaim kepada pihak perusahaan asuransi.

#2 Asuransi jiwa

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk persiapan mereka dalam menghadapi kematian.

Selain itu ada juga yang menganggap bahwa kemataian hanyalah Sang Penciptalah yang tahu. Sehingga asuransi mereka anggap kurang masuk akal.

Anggapan seperti inilah yang keliru namun tetap dibiarkan. Asuransi jiwa bukan digunakan sebagai bentuk penolakan terhadap kematian melainkan sebagai perlindungan bagi anda pemegang polis jika sewaktu waktu ada sesuatu yang menimpa anda ataupun sebagai perlindungan bagi keluarga anda.

Jenis dari asuransi jiwa ada dua yakni:

  1. Term Life. Jenis asuransi ini memberikan perlindungan bagi anda pemegang polis dalam jangka waktu kurang lebih 5 sampai 10 tahun. Premi yang anda bayarkan akan hangus ketika akhir periode sudah tiba. Namun nilai tanggungan produk asuransi ini akan jauh lebih besar.
  2. Whole Life. Jenis asuransi ini akan memberikan proteksi atau perlindungan seumur hidup anda. Dengan ini premi yang harus anda bayarkan secara otomatis akan lebih mahal dari asuransi jenis Term Life. Jika para polis tidak meninggal selama masa kontrak asuransi maka ia dapat mengklaim dengan uang pertanggungan yang lebih kecil.

#3 Asuransi pendidikan

Dari namanya saja udah jelas bahwa jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan bagi pendidikan anak anak anda.

Asuransi ini akan menanggung segala biaya pendidikan anak anda jika nantinya ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mengingat biaya pendidikan yang kian mahal sehingga dengan adanya asuransi ini maka anda tidak terlalu khawatir lagi. Pada umumnya jenis asuransi ini sudah digabungkan dengan asuransi jiwa.

Simak ulasan terkait mengenai cara memilih asuransi yang tepat untuk keluarga dan artikel menarik lainnya tentang tips agar tidak salah memilih produk asuransi kendaraan.

#4 Asuransi kerugian

Nama keren dari asuransi kerugian adalah Life Insurance. Asuransi ini sudah diatur dalam UU No. 2 tahun 1992 untuk menangani kerugian atas usaha dan aset anda. Perlindungan yang diperoleh dari asuransi ini adalah:

  1. Asuransi kebakaran. Asuransi ini akan melindungi anda dari kerugian akibat dari kebakaran misalnya kebakaran rumah, kantor, tempat usaha, dan lain sebagainya.
  2. Asuransi pengangkutan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan bagi pemegang polis dari kerugian selama pengangkutan barang dari darat, laut hingga udara. Ada jenis asuransi lain yang sering digunakan yakni asuransi kendaraan.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai ragam jenis produk asuransi yang ada di Indonesia dan paling sering digunakan oleh masyarakat.

Masih terdapat satu jenis lagi yang telah kami ulas dalam artikel sendiri secara spesifik yaitu jenis asuransi kendaraan bermotor yang dapat anda gunakan untuk perlindungan terhadap kendaraan kesayangan anda.

Advertisement

1 Comment

  1. kustini

    March 9, 2017 at 8:03 pm

    Bagemana cara pendaftaran asuransi jiwa dn pembayarannya…trimkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *