Advertisement

Usaha Laundry Kiloan: Estimasi Modal Dan Keuntungannya

Modal Usaha Laundry Kiloan

Membuka usaha laundry kiloan dengan modal antara 5 sampai 10 juta serta perhitungan profit keuntungannya berikut ini akan memberikan gambaran kepada anda yang ingin merintisnya sebagai usaha kecil atau usaha rumahan.

Dengan tingkat kesibukan masyarakat khususnya di kawasan perkotaan yang semakin tinggi, maka urusan mencuci saja kadang menjadi sebuah pekerjaan pribadi yang menyita waktu.

Kemudian didukung lagi oleh karakter orang sekarang yang ingin serba cepat dan praktis maka mereka lebih memilih menggunakan jasa orang lain yang memang menyediakan layanan khusus seperti laundry contohnya.

loading...

Oleh sebab itu peluang usaha laundry kiloan saat ini merupakan kesempatan yang jarang di sia siakan oleh pebisnis yang lincah dan cerdik dalam mengintai pasar.

Peluang usaha laundry kiloan, persiapan anggaran dan strateginya

Usaha laundry ini harus dilakukan dengan pernuh pertimbangan. Seperti misalnya tempat tinggal kamu berada di kawasan yang seperti apa.

Paling cocok buka usaha laundry adalah di kawasan kampus, pesantren, perkantoran, dan komplek perumahan elit.

Namun saat ini seperti pinggiran kota yang sudah banyak dihuni oleh para pendatang, dan mereka adalah orang orang sibuk maka kesempatan ini tetap menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Perhitungan modal usaha

Estimasi perhitungan pengadaan alat dan media lainnya kita pakai patokan yang paling minimalis menyesuaikan dengan keterbatasan modal.

  • Mesin cuci kualitas sedang : Rp 2.500.000
  • Timbangan digital kapasitas 15kg : Rp 60.000
  • Ember atau bak cucian 5 buah : Rp 150.000
  • Hanger plastik sebanyak 2 gross ditambah Jepitan Baju: Rp 100.000
  • Setrika 1 buah + Alas gosok + Terminal + Kabel: Rp 170.000
  • Rak besi siku komplit: Rp 200.000
  • Barang barang administrasi (Bulpoin, Buku nota, Kertas laporan kas, kertas karbon Hitam, buku Note, Sebuah dispenser selotip + isi selotip, isi staples, dan lainya): Rp 100.000
  • Peralatan air bersih nyuci ,Sikat Baju + Sprayer + Selang sekitar 10 m: Rp 80.000
  • Aneka pendukung cucian ( Detergen + Dan Lainya ) : Rp 60.000
  • Membuat spanduk banner (papan nama) dengan panjang 1,5m x 1 Meter : Rp. 40.000

Total modal yang tercatat sebagai persiapan adalah sebesar: Rp 3.460.000 belum termasuk pengadaan lokasi usaha, tata ruang dan branding lainnya maka kita bulatkan saja menjadi Rp 5juta.

Potensi penghasilan dan keuntungan

Pada poin ini tentunya ada salah satu faktor yang paling mempengaruhi tingkat penghasilannya yaitu dimana tempat atau lokasi usaha laundry kiloan akan anda buka.

Jika memiliki lokasi seperti sekitar wilayah kampus, maka tidak akan sulit untuk mentargertkan memperoleh konsumen hingga 50Kg setiap harinya.

Ambil saja untuk profit per kilogramnya adalah Rp 5ribu, maka dalam sehari sudah mampu memperoleh penghasilan Rp 250.000

Masa kerja sebulan penuh sudah bisa mencapai penghasilan kisaran Rp 7,5 juta belum dipotong biaya operasional seperti membayar karyawan serta biaya listrik dan air.

Besarnya modal yang masuk didalam aset investasi bisa disisihkan dari penghasilan bulanan sehingga anda sudah bisa menghitung berapa keuntungan bersih yang semestinya anda terima.

Untuk merekrut karyawan atau ingin dikerjakan sendiri bersama keluarga adalah pilihan dan kebijakan anda sendiri.

Usaha laundry dengan kapasitas seperti ini masih bisa dijadikan sebagai usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga maupaun jenis usaha kecil karena hanya membutuhkan modal kisaran 10 jutaan.

2 Comments

  1. DIGODA LAUNDRY

    February 22, 2017 at 7:37 am

    PROFIT PER KILO 5000? LONDRY WOW! GILA!

  2. Simply fresh laundry

    February 16, 2017 at 1:17 pm

    bagi yang berminat bergabung bersama kami dalam usaha waralaba laundry/franchise laundry, silahkan hubungi kami www. simplyfreshlaundry.com
    CUKUP MENYEDIAKAN TEMPAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *