Advertisement

Langkah Jitu Yang Harus Dilakukan Pebisnis Untuk Meluaskan Pemasaran

Strategi memperluas pemasaran bisnis dan usaha

Dalam mendirikan sebuah usaha pengelolaan yang baik dan tepat sangatlah penting dilakukan selain dibutuhkannya perencanaan strategi yang matang di seluruh bagian, mulai dari proses produksi hingga pemasaran.

Jika semua proses managemen telah dilakukan dengan baik, maka aktivitas perusahaan pun akan berjalan dengan lancar dan bisa mencapai tujuan yang sudah ditargetkan.

Suatu bisnis biasanya akan dikatakan sukses bila penjualan produknya bisa melampaui target yang ditentukan. Hal ini tidak lepas dengan adanya teknik dan strategi pemasaran yang memang benar benar tepat.

Apa saja usaha yang diperlukan untuk bisa meluaskan pemasaran?

Ketika suatu perusahaan telah memiliki strategi pemasaran yang efektif, maka semakin terbukalah peluang untuk melakukan inovasi dan kreasi terhadap produk mereka.

Sehingga dengan ini perusahaan bisa meningkatkan penjualannya dan mendapatkan banyak pelanggan baru. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperluas pemasaran.

#1 Identifikasi pelanggan

Untuk bisa memperluas wilayah pemasaran, maka lakukan identifikasi pada masyarakat yang ingin anda jadikan sebagai target dan hal ini adalah upaya untuk mendapatkan pelanggan potensial nantinya.

Kemudian baru susunlah strategi pemasaran yang tepat bagi pelanggan dan ketahui seperti apa karakter mereka.

Bila target anda kebanyakan berusia remaja maka sesuaikanlah strategi pemasarannya supaya mereka bisa lebih tertarik dengan produk anda.

#2 Media promosi

Cara yang kedua adalah dengan melakukan promosi. Pada dasarnya promosi itu merupakan cara untuk memperkenalkan produk anda kepada konsumen supaya mereka tertarik untuk membelinya.

Oleh karena itu buatlah promosi tersebut sekreatif mungkin untuk bisa menarik perhatian mereka, Selain itu lakukanlah secara konsisten dan berkelanjutan.

Maksudnya disini adalah jangan hanya dilakukan ketika anda baru mendirikan usaha tersebut tapi lakukanlah selama usaha anda masih beroperasi. Nah, setiap kali melakukan promosi usahakanlah selalu berbeda dari sebelumnya dan ketahuilah juga bagaimana cara pesaing anda dalam berpromosi.

Dengan ini anda bisa lebih terpacu untuk melakukan promosi yang lebih kreatif sehingga bisa mendatangkan konsumen yang lebih banyak.

Sebenarnya promosi yang paling efektif ialah dilakukan oleh konsumen itu sendiri dari mulut ke mulut karena akan lebih cepat mendatangkan pelanggan. Untuk bisa memperoleh pelanggan yang loyal maka berikanlah service yang baik pada mereka sampai puas dan bisa merekomendasikan usaha anda kepada teman temannya.

#3 Lokasi yang strategis

Pilihlah lokasi usaha yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen. Hal ini juga sangat penting untuk meningkatkan target penjualan anda sehingga omzet perbulan otomatis meningkat.

Apabila ini dapat diterapkan, maka dalam waktu yang cukup singkat tentu sudah mampu mengembalikan modal usaha serta bisnis anda juga semakin cepat berkembang.

#4 Jangan abaikan internet marketing

Sterategi ini merupakan cara yang paling efektif dan efisien dalam meningkatkan pemasaran perusahaan. Dengan menggunakan internet, anda tidak akan terlalu banyak mengeluarkan dana bahkan bisa saja anda tidak mengeluarkan uang sedikit pun.

Oleh karena itu adanya kemajuan teknologi ini maka bisa dengan memanfaatkan sosial media secara maksimal untuk melakukan pemasaran bahkan hingga transaksi penjualan produk.

Hal ini tidak mengherankan apabila bisnis online juga turut menjamur di kalangan masyarakat mulai dari ibu rumah tangga sampai anak sekolahpun telah bisa mengelolanya.

#5 Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Ketahuilah bahwa menjaga loyalitas pelanggan lama itu lebih mudah jika dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru. Hal ini dikarenakan mereka sudah sangat percaya kepada anda sehingga untuk menghandlenya akan lebih mudah dari pada harus menanamkan kepercayaan kepada konsumen baru.

Mengingat betapa sulitnya mendapatkan seorang pelanggan, maka dari itu usahakanlah untuk selalu menjaga hubungan baik antara pelanggan dan produsen dengan cara selalu memberikan pelayanan yang baik dan memberikan kepuasan kepada mereka.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!