Advertisement

Kerja Ke Luar Negeri: Berikut Syarat dan Tips Yang Perlu Untuk Diperhatikan

Persyaratan dan proses kerja le luar negeri

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri dengan alasan ingin mengubah nasib. Umumnya gaji yang mereka dapat di sana lebih besar dari pada di dalam negeri. Itulah mengapa yang menyebabkan para wanita Indonesia lebih memilih pergi ke luar negeri untuk mencari rejeki.

Memang sudah menjadi catatan tersendiri jika Indonesia itu merupakan salah satu pemasok aktif tenaga kerja untuk berbagai negara.

Syarat ketentuan dan berbagai hal agar bisa bekerja diluar negeri

Bagi anda yang berminat untuk bekerja ke luar negeri alangkah baiknya jika anda mulai mencari informasi apa saja yang mesti anda persiapkan untuk pergi ke sana. Ada berbagai macam komponen yang harus anda penuhi demi bisa mewujudkan impian anda tersebut. Berikut ini ulasannya.

#1 Mendapatkan izin dari keluarga

Komponen utama yang harus anda penuhi adalah izin dari keluarga. Faktor ini cukup penting karena memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan dan keberhasilan anda di sana.

Diskusikan dulu hal ini dengan orang tua anda atau dengan keluarga terdekat anda. Perlu anda ketahui bahwa pilihan untuk bekerja ke luar negeri itu bukanlah keputusan yang mudah. Umumnya para keluarga tidak bisa langsung menyetujuinya dikarenakan berbagai hal. Dan ini juga  harus anda pertimbangkan juga.

#2 Tekad serta kemampuan yang cukup

Bekerja ke luar negeri itu tidak hanya niat yang dibutuhkan, kemampuan, kompetensi atau pun skill perlu anda miliki sebelum benar benar terjun ke sana.

Jika anda tidak begitu memiliki skill yang bisa diandalkan maka kecil kemungkinannya untuk bisa diterima di perusahaan luar negeri.

Tidak ada salahnya jika anda kursus terlebih dahulu demi menambah wawasan dan skill anda. Berbagi pengalaman dengan orang yang sudah pernah bekerja di luar negeri pun juga penting untuk anda lakukan supaya anda bisa mendapatkan pandangan bagaimana system kerja di sana.

#3 Mempersiapkan biaya  

Nah, bila kedua syarat di atas telah terpenuhi barulah anda memikirkan biaya untuk ke sana.

Karena perlu anda ketahui hidup di sana itu bukan hanya hitungan hari melainkan bulan bahkan tahun sesuai dengan kontrak kerja yang telah anda sepakati.

Di bulan bulan awal anda sebagai pekerja baru haruslah mempunyai dana lebih untuk memenuhi biaya administrasi yang berupa passport, visa dan lain lain, selain itu untuk biaya sehari hari juga perlu untuk anda persiapkan.

#4 Melengkapi semua dokumen

Kelengkapan dokumen dalam bekerja di luar negeri sangat penting untuk anda perhatikan.

Karena beberapa negara menerapkan system yang begitu ketat dalam mengawasi identitas para pekerja yang berasal dari luar.

Jika anda berangkat tanpa mempunyai passport dan visa maka resikonya sangat besar, walaupun memang kesuksesan yang bisa anda dapat itu lebih besar.  Berurusan hukum dengan pihak luar negeri akan sangat merepotkan.

#5 Siap secara mental

Untuk bekerja ke luar negeri kesiapan mental juga tidak kalah penting untuk anda persiapkan.

Perlu anda ketahui bahwa kehidupan di luar negeri itu jauh berbeda dengan Indonesia mulai dari kebudayaannya, kebiasaan masyarakatnya bahkan biaya hidup di sana pun juga sangatlah berbeda.

Sebaiknya anda mencari banyak informasi mengenai Negara yang ingin anda tuju. Jika anda sudah mengetahuinya maka akan sedikit lebih mudah bagi anda.

Simak juga ulasn terkait tentang strategi membangun bisnis sambil bekerja untuk pegawai dan karyawan serta artikel menarik lainnya tentang strategi sukses bisnis dan usaha ala orang tionghoa.

Agar mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar negeri

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat ketika bekerja di luar negeri. Berikut penjelasannya.

#1 Berusaha menguasai bahasa setempat

Bekerja di luar negeri itu tidak semudah yang anda bayangkan. Memang hasilnya besar namun anda akan sangat kesulitan jika anda tidak mampun berkomunikasi dengan orang orang sana karena terkendala bahasa.

Oleh sebab itu sebelum berangkat, alangkah baiknya jika anda melakukan kursus terlebih dahulu. Sudah ada banyak tempat tempat kursus yang bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada umumnya para agen agen penyalur tenaga kerja saat ini sudah menyediakan kursus singkat bagi para calon pekerja.

#2 Turut berorganisasi dengan serikat pekerja

Salah satu hal penting yang juga perlu untuk anda ikuti ketika bekerja di luar negeri adalah dengan ikut bergabung dengan serikat pekerja di negara tersebut.

Di organisasi tersebut anda bisa bertukar pengalaman dengan mereka. Hal semacam ini bisa mempererat tali persaudaraan dengan sesama pekerja walaupun dari lain daerah.

Selain itu hal ini juga bermanfaat untuk menghindarkan diri anda dari rasa minder.

#3 Komunikasi yang baik dengan agen penyalur

Ketika telah bekerja di luar negeri tidak ada salahnya jika anda terus melakukan komunikasi dengan pihak agen penyalur tenaga kerja. Anda bisa meminta saran demi bisa mengembangkan kualitas diri anda di sana.

#4 Berpartisipasi dalam berbagai acara yang terkait dengan tempat kerja  

Jika ada acara perusahaan maka usahakanlah anda menghadirinya. Jangan biarkan orang orang berpikiran buruk tentang anda hanya karena anda kurang berpartisipasi dalam acara acara seperti ini.

Acara ini akan memberikan dampak positif bagi anda karena anda akan lebih bisa mengenal lebih dalam antar sesama karyawan.

#5 Jaga terus komunikasi yang baik dengan kerabat  

Pada umumnya orang orang yang bekerja di luar negeri itu terkena sindrom homesick.

Oleh sebab itu tetaplah jaga komunikasi dengan keluarga, teman, relasi ataupun orang orang yang anda kenal. Jangan sampai anda menjadi orang yang lupa dengan rumah dan keluarga anda.

Jangan lupa baca juga artikel menarik tetang cara memperoleh beasiswa kuliah keluar negeri serta ulasan lainnya mengenai strategi agar lolos interview wawancara kerja dengan lancar.

Strategi paling tepat mendapatkan pekerjaan diluar negeri

Selain dari berbagai pertimbangan di atas yang mesti anda lakukan ketika ingin bekerja ke luar negeri adalah mengenai rencana mendapatkan pekerjaan.

Tidak menutup kemungkiann untuk mendapatkan pekerjaan lain, namun jika belum ada maka anda bisa melakukan cara cara seperti di bawah ini.

#1 Memperoleh info yang akurat dari dinas terkait

Untuk bisa mendapatkan informasi mengenai pekerjaan di luar negeri itu sebenarnya tidak terlalu sulit karena biasanya ada berbagai macam brosur atau pun pamflet yang bisa anda dapatkan.

Informasi ini biasanya diberikan oleh dinas ketenagakerjaan. Kalaupun tidak ada yang memberikan maka anda bisa mengakses atau datang langsung ke dinas untuk menayakan adanya lowongan pekerjaan.

Hal ini tidak bisa anda dapatkan melainkan anda harus sabar menunggu, dan anda juga harus berhati hati serta selektif dalam memilih sebuah pekerjaan.

#2 Info perekrutan tenaga kerja secara online

Nah, dengan mengetahui informasi lowongan pekerjaan secara online maka anda juga akan tahu mengenai perekrutan secara online pula.

Hal ini bisa anda untuk coba. Sebelumnya anda diharuskan registrasi terlebih dahulu di situs pencarian kerja dengan membuat akun. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan Curriculum Vitae anda.

#3 Informasi langsung dari situs resmi perusahaan

Pada umumnya setiap perusahaan sudah memiliki web resmi sendiri terlebih lagi bila perusahaan tersebut levelnya sudah global.

Dari dalam website inilahh anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang anda butuhkan mulai dari profil perusahaan hingga lowongan pekerjaan. Sehingga dengan begini kesempatan anda akan lebih banyak untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Untuk bisa mendapatkan suatu pekerjaan sebenarnya hanya ada satu yang perlu anda miliki yakni kesabaran dan kerja keras untuk mencarinya.

Jangan mudah putus asa ketika anda gagal dalam mendapatkannya. Bukan hanya anda saja yang membutuhkan pekerjaan di luar negeri ada ratusan bahkan ribuan yang memiliki keinginan sama dengan anda.

Sambil menunggu peluang maka anda bisa memaksimalkan skill anda supaya lebih matang, sehingga secara bertahap skill anda akan bertambah dan nilai anda pun juga akan meningkat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *