Jenis Bisnis Online Paling Menghasilkan Untuk Di Tekuni

Jenis Bisnis Online Cocok Untuk Pemula

Memilih jenis bisnis online yang paling mudah, menghasilkan uang dengan cepat serta paling cocok untuk pemula memang tidak segampang ketika sedang membayangkan dengan modal laptop dan koneksi internet saja.

Sebelum membuat keputusan untuk menekuni bidang ini, ada baiknya memahami serta mengenal lebih terlebih dahulu beberapa macam bentuk bisnis online yang ada sekarang ini.

Dalam perjalanan bisnis internet, akan banyak kita temui kisah yang sudah berhasil sukses dengan membuat blog, toko online atau hanya sekedar membuat video di youtube.

Untuk seorang pemula pada umumnya selalu ingin mencoba semuanya, namun hal ini justru menjadi biang kegagalan karena mereka tidak focus terhadap satu pilihan yang semestinya dilakukan dahulu hingga benar benar mencapai keberhasilan.

3 jenis bisnis online ini adalah dasar strategi mencari dan menghasilkan uang dari internet

Sebagai bekal agar tidak tersesat ketika akan menentukan bentuk usaha untuk mendapatkan uang dari internet, maka sebaiknya mngenali terlebih dulu jenis bisnis online berikut ini mana yang sekiranya sesuai dengan karakter anda.

#1 Menjual produk atau jasa

Jika anda seorang pemilik produk atau jasa, anda bisa memanfaatkan internet untuk bisa memasarkan dan menjual produk atau jasa anda.

Untuk jenis Product dan Service owner, masih dibagi menjadi dua model, yaitu:

  • Produk Fisik: Banyak berbagai macam produk fisik yang bisa dipasarkan dengan cara online meskipun tidak memiliki situs toko online.

Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai wadah mereka memperkenalkan produk hingga sampai pada transaksi penjualan.

Seperti contoh produk fashion kaos distro, hijab, dan busana lainnya paling cocok menggunakan akun instagram untuk berjualan online karena fitur utama dari sosmed ini adalah pada kualitas gambarnya.

Selain membangun website atau web toko online, anda sangat bisa memanfaatkan website-website yang sudah popular untuk digunakan sebagai media berjualan.

Misalnya, dengan memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, bukalapak, olx, dan masih banyak lagi yang bisa digunakan untuk memulai belajar strategi bisnis online.

  • Produk Digital: Mengulas tentang produk digital akan sangat luas ketika era internet sekarang ini sudah menjadi bagian hidup masyarakat dunia.

Contoh produk digital diantaranya adalah program software, desain web, dan beragam karya multimedia audio video serta desain grafis lainnya.

Bahkan sebuah metode jasa pembelajaran seperti kursus secara online saat ini juga sudah begitu populer karena selain sangat efisien, biasanya juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara pemasarannya pun sama sebagaimana menjual produk fisik melalui internet, hanya saja untuk jenis produk digital ini memerlukan keahlian khusus dalam bidang pengelolaan konten.

#2 Bisnis Affiliate Marketing

Pilihan jenis bisnis online yang kedua ini bisa di ibaratkan adalah sebagai seorang makelar atau broker.

Dengan menjadi Affiliate Marketer, anda tidak perlu memiliki produk sendiri karena di Internet sudah bertebaran produk yang siap untuk di pilih, baik produk fisik maupun produk digital.

Tidak perlu lagi memikirkan bagaimana cara memesan atau ikut bekerjasama, dengan mendaftar secara otomatis ke penyedia program affiliate, maka system akan mencatat segala bentuk transaksi yang berhasil kita lakukan.

Contoh website yang menyediakan produk fisik yang mempunyai system affiliasi adalah Amazon.com untuk target konsumen international atau dunia.

Untuk produk digital sendiri, mendaftar sebagai affiliate di website penjual produk digital atau produk informasi terbesar di dunia yaitu Clickbank.com juga target dunia, sedangkan untuk skala nasional bisa bergabung di Ratakan.com.

Kita akan memperoleh komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui referensi yang berhasil tercatat oleh system.

Intinya hanya berusaha untuk membawa orang ke dalam website si pemilik produk dengan disertai kode kaikutsertaan anggota yang mana fungsi kode khusus ini untuk mengetahui bahwa pembeli berasal dari hasil referensi anda.

Berapa besarnya persentase komisi yang diperoleh tergantung kebijakan masing-masing pemilik produk dan inilah hasil yang nantinya berupa nilai mata uang.

#3 Menjalankan bisnis Content Publisher

Jenis bisnis online ini adalah yang lebih banyak digemari oleh pemula karena cukup mudah serta minim akan resiko kerugian selain hanya biaya internet dan waktu saja.

Content Publisher merupakan pembuat konten yang bisa berupa artikel, audio, maupun video.

Anda bisa membuat website atau blog yang dapat menampung konten anda tersebut. Atau jika anda membuat konten melalui video, anda bisa mengupload video anda ke Youtube.com

Penghasilan seorang content publisher pada umumnya adalah dari periklanan yang ditayangkan pada web atau blog yang sudah memiliki pengunjung dan tayangan cukup tinggi.

Dengan menjadi seorang content publisher, anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan penjualan, modelnya lebih simple, tidak perlu membuat produk, tidak perlu repot menjadi customer service.

Tugas anda cukup rutin membuat konten di website anda, dan membuat ramai pengunjung ke website anda itu saja.

Modal memulai bisnis online jenis ini tergolong cukup murah dan cocok untuk seorang pemula. Bisa memanfaatkan blog yang tanpa membayar seperti blogger.com ataupun jenis web yang berbayar sesuai dengan keahlian kita.

Selain bisa menjadi seorang content publisher, anda juga bisa merangkap sekaligus sebagai Affiliate Marketing, hanya dengan cara memasang banner affiliasi kita di website, atau membuat review tentang produk digital yang kita pasarkan.

Dengan melihat pengguna internet di Indonesia sendiri yang berkembang sedemikian pesat, maka peluang bisnis online tetap sangat menjanjikan untuk dipelajari.

Tidak ada kata terlambat untuk memulainya karena setiap bentuk usaha dan bisnis selalu tidak luput dengan ketatnya persaingan.

Maka semakin cepat bertindak akan memberikan pengalaman tersendiri yang bisa menjadi bekal pengalaman serta kemampuan yang semakin mumpuni daripada harus menunggu belajar hingga sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *