Advertisement

Usaha Jasa Service Perbaikan Instalasi Pipa dan Pompa Air

Tukang-service-pompa-air

Instalasi pipa dan pompa air sudah menjadi kebutuhan pokok untuk rumah tangga karena kebutuhan air itu sendiri merupakan hal yang tidak dapat di tinggalkan dari kehidupan sehari hari.

Peluang usaha jasa servis dan perbaikan mesin pompa air serta perbaikan instalasi pipa adalah salah satu bentuk usaha atau ide bisnis yang cukup berpeluang untuk memperoleh penghasilan rutin.

Tidak terbatas pada service dan perbaikan saja, akan tetapi setidaknya juga melayani untuk pemasangan mesin pompa air baru serta bisa menerima job pemasangan jalur pemipaan (plumbing).

Peralatan yang dibutuhkan untuk jasa service pipa dan pompa air

Khusus untuk melayani perbaikan dan pemasangan baru baik pompa air ataupun jalur pipanya, tidak memerlukan peralatan yang rumit atau mahal.

Berikut ini adalah beberapa alat utama yang diperlukan dan bisa didapat dengan harga cukup murah di pasaran.

  • 3 buah kunci pipa ukuran 6 inch, 10 dan 12 inch. Untuk keperluan instalasi pipa rumah tangga, (bukan proyek besar) 3 jenis kunci pipa ini sudah bisa untuk memperbaiki pipa ukuran ½ inch hingga 1,25 inch.
  • 1 buah kunci inggris. Yang ini hanya untuk persiapan membuak mur atau baut dan aksesoris kamar mandi seperti kran, hand shower dan lain lain.
  • Gergaji besi. Untuk keperluan memotong pipa dan lain lain.
  • Palu dan pahat beton (betel). Untuk keperluan membongkar beton, dinding ataupun media keras lainnya.
  • Beberapa alat listrik, Tang, tespen, dan Volt meter. Ini untuk menangani isntalasi listrik pada mesin pompa air jika sedang bermasalah.

Dari kesemua perkakas di atas jika di beli baru semua tidak akan menghabiskan uang sampai satu juta rupiah.

Lebih ekonomis lagi jika kamu bisa mencarinya di penjual perkakas bekas (pasar loak) tentu akan menekan biaya belanja peralatan.

Tarif dasar atau upah satuan untuk jasa service instalasi pipa dan pompa air

Setelah peralatan dasar sudah siap, maka kamu harus tau berapa tarif yang akan kamu pasang untuk pelanggan nantinya.

Jangan terlalu murah dan jangan pula terlalu mahal. Setidaknya kamu bisa mengambil estimasi dari segi kesulitan, lamanya pekerjaan serta bandingkan dengan biaya hidup sehari pada perhitungan paling minimal.

Berikut ini adalah daftar upah kerja satuan jasa servis perbaikan pipa dan pompa air yang kami dapat dari seorang tukang pipa kota Surabaya.

  • Pemasangan 1 unit pompa air baru ataupun servis bongkar pasang untuk kedalaman sumur kurang dari 9 meter Rp 150,000. Kedalaman kurang dari 15 meter Rp 200,000. Kedalaman lebih dari 30 meter Rp 350,000.
  • Perbaikan ringan mesin pompa air tanpa mengangkat pipa dari sumur Rp 125,000.
  • Pemasangan pipa instalasi baru Rp 12,000 per meter panjang.
  • Perbaikan pipa bocor Rp 50,000 per titik kebocoran.
  • Pemasangan aksesoris kamar mandi kran, shower Rp 25,000 per item.
  • Dan masih banyak lagi tiggal kamu menyesuaikan dengan tingkat kesulitan dan lamanya waktu pengerjaan.

Jika kamu sudah cukup terkenal dan memiliki banyak pelanggan, siap siap saja kamu akan kuwalahan untuk menerima order karena hampir setiap hari pasti ada job datang.

Namun jika kamu pada dasarnya tidak memiliki keahlian dalam bidang ini, tentu saja peluang usaha rumahan yang satu ini lantas bukan sesuatu yang mustahil untuk kamu ambil.

Kamu bisa menyiasatinya dengan menjadi seorang makelar job. Dengan ini hanya memerlukan sebuah alat promosi seperti kartu nama, papan nama ataupun selebaran dan media promosi lainnya.

Sebelum membuka job order, pastikan kamu sudah memiliki chanel seorang tukang perbaikan pompa dan pipa yang siap untuk kamu booking jika ada job yang memesan lewat jasa servis kamu.

Masalah tarif bisa kamu negosiasikan terlebih dahulu dengan tukang yang asli seperti system fee ataupun model perhitungan lainnya. Buatlah kesepakatan yang saling menguntungkan agar kerjasama kamu bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Saat ini berbagai model peluang usaha jasa sudah banyak dilakukan dengan strategi pemasaran yang lebih modern seperti membuat sebuah situs web meskipun untuk pelaksanaan kerja nantinya akan di serahkan oleh ahlinya (bukan pemilik web lagi).

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!