Advertisement

Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan Dari Emas Berikut Alasannya

Investasi Reksadana apa Emas yang menguntungkan

Ingin memilih jenis investasi apa yang paling cepat mengutungkan emas atau reksadana? Masyarakat pada umumnya sudah jelas lebih menyukai logam mulia ini karena dirasa cukup mudah mengelolanya.

Bahkan sudah menjadi kebiasaan sejak jaman kuno bahwa menyimpan emas adalah salah satu bentuk tabungan bagi masyarakat yang memiliki harta lebih.

Alasan lainnya adalah emas cukup mudah dibeli dan juga mudah sekali dijual ketika memerlukan uang mendadak atau cukup digadaikan jika masih berharap ingin memilikinya kembali.

Lantas bagaimana dengan jenis investasi reksadana?

Keunggulan investasi reksadana dibandingkan dengan emas

Nilai investasi reksadana terbilang cukup tinggi namun sangat berbanding terbalik dengan emas yang mana masyarakat masih kurang antusias dengan reksadana bahkan tidak sampai 10%  dari warga Indonesia yang paham akan hal ini.

Dilihat dari returnnya, investasi reksadana sudah jelas dapat memberikan nilai lebih besar daripada emas dan boleh dikatakan justru sistemnya lebih sederhana.

Investasi reksadana sebenarnya cukup menjanjikan dan masih memiliki keunggulan lainnya dibanding dengan emas diantaranya adalah:

#1 Jumlah Minimal Investasi yang Kecil

Menurut data yang dirilis oleh PT. Aneka Tambang sebagai perusahaan produsen emas nasional, menyatakan bahwa emas batangan memiliki harga kisaran Rp550.000 per gram.

Dengan demikian jika ingin memulai investasi emas minimal anda harus menyiapkan dana Rp 500 ribu belum ditambah lagi biaya menyimpan jika ingin lebih aman dengan safe deposit box.

Lain halnya dengan investasi reksadana yang mana cukup dengan dana sebesar Rp 100 ribu anda sudah bisa melakukannya dengan mudah secara online.

#2 Tidak Memiliki Risiko Hilang

Karena emas memiliki bentuk atau fisik maka resiko kehilangan akan jauh lebih besar daripada reksadana.

Antisipasi untuk mengamankan dan menjaganya kadang cukup merepotkan dan selalu dihantui rasa khawatir jika jumlahnya banyak.

Sedangkan investasi reksadana tidak memiliki wujud fisik, dengan ini tidak perlu khawatir dengan resiko hilang.

Semua yang berhubungan dengan aset reksadana, baik itu bunga atau deviden, akan dikelola dan disimpan oleh bank kustodian.

Investor tidak perlu lagi memikirkan persoalan keamanan dan juga terkait dengan masalah keamanan lannya seperti di curia tau digelapkan jika anda memilih tempat investasi yang legal.

#3 Diversifikasi Investasi

Didalam investasi reksadana and akan mendapatkan diversifikasi investasi yang artinya keragaman jenis penanaman modal diantaranya adalah:

  • Deposito
  • Saham
  • Obligasi

Sehingga tingkat resiko menjadi sangat rendah dibandingkan dengan investasi emas yang hanya dengan cara penyimpanan saja.

Jangan lupa baca juga tentang kelebihan kekurangan investasi emas dan properti

#4 Kemudahan dalam Mengelola Investasi

Semua bentuk kegiatan pada investasi reksadana terbilang tidak sulit atau rumit karena dikelola langsung oleh manajer investasi yang telah ahli dalam bidangnya.

Investor tidak akan terlibat dalam analisa pasar yang mana ini akan cukup merepotkan jika anda memiliki aktifitas lainnya.

Berbeda dengan investasi emas yang mana anda akan terlibat secara langsung mengenai naik turun harga pasar dan anda harus vermat mengambil keputusan sendiri tentang kapan harus menjual dan membelinya.

#5 Minim Resiko Pemalsuan

Investasi emas yang notabene berupa atau berwujud fisik maka jika anda tidak jeli cukup besar resiko memperoleh barang palsu.

Akan tetapi risiko jenis ini bisa dibilang 0,01% terjadi di dalam reksadana, sebab investasi ini tidak memiliki bentuk fisik dan tidak mengalami perpindahan tangan sama sekali.

Proses jual beli reksadana juga dilakukan secara scriptless (tidak pakai sertifikat), sehingga risiko pemalsuannya tidak ada.

#6 Transaksi Cukup Mudah

Memilih investasi emas anda akan mendatangi tokonya secara langsung kemudian menyimpan ke safe deposit box milik bank yang mana saat membawanya anda cukup beresiko diperjalanan.

Belum lagi ketika anda memerlukan dana mendesak kemudian ingin mengambilnya kembali sehingga langkah atau tahapannya sama persis yaitu membuka SDB di bank kemudian mambawwanya kembali ke toko emas.

Dengan investasi reksadana anda cukup melakukannya secara online bisa darimana saja bahkan saat anda sedang berada diluar negeri atau justru ketika masih berada di tempat tidur.

Simak juga ulasan tentang jenis investasi paling aman dan menguntungkan serta artikel menarik lainnya tentang 10 jenis rekening bank bebas biaya administrasi bulanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *