Advertisement

5 Macam Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Potensial Menguntungkan

Jenis Investasi Jangak Panjang Untuk Masa Depan

Memiliki rencana untuk melakukan investasi merupakan salah satu hal yang penting yang perlu anda pertimbangkan dan segera untuk memutuskan investasi apa yang ingin anda lakukan.

Investasi adalah satu hal yang begitu berguna bagi masa depan anda karena suatu masalah yang tidak anda ketahui akan terjadi di masa depan maka investasi dapat membantu anda. Misalnya pengeluaran yang tidak anda duga  duga sebelumnya maka dapat anda tutup dengan investasi anda.

Resiko adalah suatu hal yang mungkin terjadi kapanpun, dimanapun dan bagi siapapun. Resiko sendiri terbagi menjadi  yakni:

loading...
  1. Resiko spekulatif adalah resiko yang bisa diprediksi atau diperkirakan sbelumnya
  2. Resiko murni adalah resiko yang tiba – tiba terjadi

Instrument investasi jangka panjang yang paling menguntungkan untuk masa depan

Resiko spekulatif merupakan dampak dari menanggung resiko murni sehingga menimbulkan sebuah kerugian, contoh kasusnya seperti ikut menangung pendanaan perusahaan.

Bila anda memiliki saham, maka anda bisa memeperkirakan sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan. Sebagai pemilik saham anda bisa saja mengalami kerugian ataupun keuntungan akibat dari kinerja dari perusahaan.

Oleh karena itu bila sebuah investasi tidak anda jadikan sebagai sebuah pekerjaan maka alternative pilihan yang bisa anda gunakan adalah denggan memiliki investasi jangka panjang.

Berikut kami sajikan 5 investasi jangka panjang yang dapat Anda pilih seperti dikutip dari Suara.com:

#1 Investasi Saham

Saham adalah surat berharga yang memiliki potensi keuntungan dan kerugian yang cukup besar. Saham juga bisa digunakan sebagai bukti bahwa seseorang atau pun suatu lembaga  ikut memiliki sebuah perusahan. Suatu perusahaan juga bisa saja mendapatkan dana dari investor apabila ia menerbitkan saham.

#2 Reksa Dana (Mutual Funds)

Investasi bisa saja dilakukan dengan cara tidak langsung yakni melalui perusahaan reksadana. Perusahaan reksadana bertugas menghimpun dana – dana dari para investor

Investasi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan yang cukup terhadap jenis investasi ini.

#3 Investasi Program Pensiun

Seorang investor akan mendapatkan dana ketika sudah tiba masa pensiun. Dana tersebut berasal dari hasil pengembangan perusahaan sebelumnya. Investasi ini juga menghasilkan bunga sama halnya dengan menabung di bank, namun bunga di bank jauh lebih kecil dari bunga yang diberikan dari investasi ini.

Bunga dan keuntungan yang diberikan dari investasi program pensiun ini  bergantung pada besar kecilnya keuuntungan yang diperoleh dari suatu perusahan asuransi.

#4 Investasi Emas

Emas merupakan salah satu bentuk barang investasi yang cukup menarik di kalangan masyarakat, karena sifatnya yang mudah dibentuk dan harganya yang cukup tinggi.

Investasi emas merupakan salah satu pilihan yang cukup menguntungkan di samping harganya yang cukup stabil emas dapat denan mudah diuangkan kapanpun anda mau.

#5 Membeli Obligasi

Selain saham ada juga obligasi yaitu surat bukti yang dikeluarkan sebagai bentuk bukti pemberian pinajaman kepada pihak yang telah menerbitkan obligasi dan harus di lunasi pada tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan sebelumnya.

Oigasi bisa juga memberikan hak atas pembagian keuntungan, jika diterima langsung oleh pemegang obligasi yang berbentuk badan.

Keuntungan yang diterima tidak akan dikenakan pajak namun bagi pihak yang berperan sebagai pembayar bunga yang memiliki karakteristik sebagai deviden itu bukan merupakan biaya dari pengurangan penghasilan. Ketentuannya obligasi akan tetap dibayarkan sesuai dengan jumlah nominalnya ketika sudah tanggal jatuh tempo.

Baca juga ulasan mengenai cara menjadi kaya dengan modal hutang serta artikel menarik lannya tentang 7 ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *