Advertisement

Menabung dan Investasi Emas Mulai Dari Rp.5000 Bersama PT Pegadaian

Investasi emas di pegadaian

Salah satu bentuk menabung untuk masa depan adalah investasi emas atau logam mulia yang mana tidak harus membeli dalam jumlah banyak melainkan sudah bisa dimulai hanya dengan Rp.5000 saja.

Investasi emas hampir dipastikan tidak akan pernah surut karena memiliki jangkauan yang cukup luas dan bisa diterima oleh siapa saja baik kalangan bawah, menengah hingga atas karena nilainya yang akan selalu meningkat setiap waktu.

Dengan demikian tidak ragu lagi jika memilih investasi logam mulia merupakan bentuk investasi yang paling menguntungkan sepanjang masa.

Produk investasi emas oleh PT Pegadaian

Untuk mendorong minat masyarakat dalam upaya melakukan investasi, maka ada salah satu produk tabungan emas yang di adakan oleh PT Pegadaian dengan menawarkan emas yang bisa dibeli oleh nasabah mulai dari Rp.5000 untuk nilai 0,01 gram.

Seperti dikutip dari laman okezone.com, Manager Pemasaran Pegadaian yang bernama Ferry Hariawan mengungkapkan,

“apalagi saat ini Pegadaian sendiri mempunyai produk Tabungan Emas. Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. 1 gram emas itu kan harganya sekitar Rp500 ribu, nah kita pecah jadi 0,01 gram itu Rp5 ribu. Tabungan ini saldonya dalam bentuk emas,” kata Ferry, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Kelebihan dan kekurangan pada bentuk investasi logam mulia

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika akan memilih jenis investasi emas yang disediakan oleh PT Pegadaian.

Keunggulan tabungan emas

Beberapa kebijakan yang dibuat oleh PT Pegadaian mengenai simpanan tabungan emas sangat memberikan kemudahan bagi nasabah diantaranya adalah:

  • Investasi Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang di seluruh Indonesia (namun saat ini sementara hanya tersedia di Kantor Cabang Piloting).
  • Harga yang terjangkau untuk pembelian emas (mulai dari berat 0,01 gram) atau sekitar Rp.5.000,-.
  • Salah satu alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset.
  • Kemudahan dalam pencairan dana kebutuhan.

Kelemahan investasi logam mulia di pegadaian

Disisi lain tidak menutup kemungkinan bahwa produk dari PT Pegadaian ini tetap memiliki beberapa kelemahan yang bisa dipertimbangakan oleh nasabahnya yaitu:

  • Transaksi penjualan emas dan pencetakan emas batangan yang saat ini masih terbatas, hanya bisa dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening saja dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.
  • Dikenakannya biaya cetak jika menginginkan tabungan dalam bentuk fisik emas yang disesuaikan dengan dengan pilihan keping yang tersedia (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr).

Tata cara atau prosedur untuk menjadi nasabah investasi emas di PT Pegadaian

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi calon nasabah yang ingin bergabung dalam produk investasi ini termasuk cukup mudah.

Berdasarkan dari sumber asli pegadaian.co.id kami merangkum beberapa poin mengenai prosedur membuka rekening tabungan emas di pegadaian sebagai berikut:

#1 Berlaku pada seluruh cabang PT Pegadaian bahwa calon nasabah wajib melampirkan fotocopy identitas diri seperti KTP/ SIM/ Passpor yang masih berlaku.

#2 Mengisi lembar formulir pembukaan rekening serta membayarkan uang sebesar Rp.5000,- sebagai biaya administrasi, serta biaya fasilitas penititipan selama satu tahun sebesar Rp. 30.000,-.

#3 Proses pembelian emas dapat dilakukan mulai kelipatan 0.01 gram mengikuti harga satuan yang berlaku saat itu.

#4 Emas dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian apabila menghendaki dana tuna dengan berdasarkan harga jual kembali (buyback) terkini/terbaru.

#5 Minimal jual kembali (buyback) ke Pegadaian sebesar 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar harga terkini pada tanggal penjualan.

#6 Tersedia bentuk emas batangan (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) apabila nasabah menginginkannya, dengan cara melakukan order cetak dan akan dikenakan biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

#7 Minimal saldo rekening tabungan emas adalah 0.1 gram.

Terdapat ketentuan bahwa untuk bisa melakukan transaksi penjualan ataupun order cetak emas batangan hanya dilayani pada kantor cabang tempat pembukaan rekening tabungan disertai data yang valid.

Simak juga artikel tentang memilih investasi yang minim resiko untuk persiapan pensiun dan ulasan tentang tips memilih produk asuransi yang sesuai untuk keluarga.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *