Advertisement

Usaha Ice Cream: Analisa Perhitungan Modal Dan keuntungannya

usaha ice cream es krim

Usaha ice cream (es Krim) bisa termasuk dalam bentuk usaha rumahan yang dapat dikelola bersama keluarga sendiri mulai dari produksi hingga sampai tahap penjualannya.

Peminat es krim tak akan pernah ada habisnya. Jika anda kreatif dalam membuat fariasi atau dengan cara penyajian yang unik, tentunya akan menjadi poin tersendiri di mata konsumen.

Tidak hanya konsumen anak anak atau remaja, Es krim banyak juga dinikmati oleh kaum dewasa sehingga dimanapun tempatnya, apalagi jika memiliki lokasi usaha yang strategis, maka peluang usaha ini sungguh sangat menjanjikan.

Estimasi perhitungan modal dan keuntungan usaha es krim

Anggap saja anda sudah memiliki tempat dimana usaha ini akan dijalankan. Jadi perhitungan berikut ini diluar anggaran pengadaan sewa tempat ataupun lokasi usaha.

Peralatan membuat es krim:

  • 1 Buah freezer kapasitas min 200L : Rp 4.000.000
  • 1 Buah Mixer Rp 500.000
  • Baskom besar Rp 40.000
  • 10 box plastic tempat ice cream Rp 60.000
  • Skop es krim Rp 35.000

Total anggaran pengadaan peralatan ini Rp 4.635.000 diluar keperluan penyajian seperti piring, sendok ataupun gelas serta box bagi yang berjualan keliling.

Bahan membuat es krim:

  • 10 kg serbuk es krim dengan aneka rasa Rp 800.000
  • 1000 pcs cup + tutup + sendok es krim Rp 360.000

Total modal untuk menyediakan bahan dasar serta cup penyajian adalah Rp 1.160.000 dengan estimasi bisa memproduksi 1000 cup dari bahan serbuk 10 kg.

Menghitung keuntungan usaha menjual ice cream

Berapa besar keuntungan yang akan diperoleh dari usaha es krim ini akan kita hitung dengan perkiraan  harga jual per cup adalah Rp 3.000

Maka didapatkan harga jual sebesar 3.000 x 1.000 cup = Rp 3juta dari setiap 10 kg bahan serbuk es krim.

Keuntungan adalah besarnya hasil penjualan di kurangi modal untuk belanja bahan adalah Rp 3 juta – Rp 1,16juta = Rp 1juta 840ribu

Sedangkan nilai modal pengadaan peralatan adalah aset investasi yang pengembaliannya bisa di anggarkan dengan cara menyisihkan beberapa persen dari setiap keuntungan penjualan.

Strategi pemasaran usaha es krim untuk mendongkrak penjualan

Untuk pengusaha es krim yang ingin meningkatkan hasil penjualannya, ada banyak cara promosi atau metode pemasaran yang bisa dilakukan dengan strategy bisnis yang bragam pula.

Strategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor faktor diantaranya adalah:

  • Faktor Mikro: yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  • Faktor Makro: adalah demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik, serta sosial/budaya.

Faktor pendukung dalam metode pemasaran dari sudut pandang pihak penjual adalah:

  • Pemilihan lokasi usaha atau tempat yang strategis
  • Hasil produk siap jual yang bermutu
  • Nilai jual atau harga yang kompetitif
  • Iklan dan promosi yang gencar

Dari sudut pandang konsumen dapat di analisa dari beberapa faktor diantaranya:

  • Kebutuhan dan keperluan atau minat konsumen
  • Kenyamanan
  • Komunikasi yang jelas

Sebagai produk kuliner, es krim juga tidak luput dari strategi pemasaran offline maupun online.

Memiliki website yang dapat mendeskripsikan bagaimana cita rasa ice cream, varian apa saja serta berapa harga jualnya akan mempermudah anda dalam menjangkau luasnya pemasaran.

Dengan memanfaatkan akun jejaring sosial yang mana saat ini penggunanya sudah sangat pesat dan cukup mudah dilakukan bahkan bisa tanpa modal samasekali.

Seperti salah satu bentuk bisnis online dengan mengunakan akun instagram untuk berjualan online maka, selain biaya promosi yang gratis, tentunya ini juga bisa menjadi peluang cara mendapatkan uang dari internet meskipun produk kita adalah ice cream.

Paling tidak bukan transaksi penjualan es krim yang dapat terjadi di sini, bisa saja anda berkesempatan memperoleh order mengenai bahan baku ataupun kursus serta peralatan usaha es krim.

Pomosi es krim secara offline

Banyak sekali event atau acara dalam kehidupan sehari hari yang bisa anda gunakan sebagai sarana promosi mengenalkan produk ice cream hasil kreasi anda.

Brosur, papan nama, maupun reklame mungkin sudah biasa, namun ada yang lebih tertarget dan bisa memberikan peningkatan penjualan lebih optimal seperti:

#1 Menyeponsori acara ulang tahun dan pernikahan

Berikan tawaran harga khusus bagi yang mengontrak anda untuk turut menyuplai konsumsi sebuah acara seperti ulang tahun atau pernikahan.

Konsumen yang notabene akan makan secara gratis karena sudah dibayar oleh pemiliki acara, maka mreka akan lebih tidak ragu ragu untuk mencoba semua varian makanan atau kreasi es krim yang anda sajikan.

#2 Membuat cenderamata unik

Sebagai langkah awal mengenalkan produk kepada konsumen, hendaknya anda sedikit memberikan kesenangan lain diluar dari produk utama itu sendiri.

Sebagai contoh sederhana, memberikan hadiah gantungan kunci dengan logo ataupun berlabel nama produk usaha es krim anda agar konsumen cepat mengenal dan selalu mengingatnya.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai peluang bisnis atau usaha ice ream yang tergolong sebagi jenis usaha kecil dengan modal usaha 10 jutaan  namun cukup potensial menghasilkan keuntungan besar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!