Advertisement

Penerapan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Menerapkan etika bisnis tanggung jawab sosial

Yang dimaksud dengan etika bisnis adalah penerapan sebuah kode etik yang diterapkan dalam perusahaan untuk melakukan kegiatan bisnisnya. Pondasi yang kokoh serta nilai atau value yang cukup tinggi akan tercipta jika kode etik perusahaan dapat diterapkan dengan benar.

Tanggung jawab sosial perusahaan juga merupakan bagian dari etika bisnis. Maksudnya adalah sebuah perusahaan akan mempengaruhi kehidupan masyarakat atas segala keputusannya.

Pengertian tentang tanggung jawab sosial perusahaan

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah wujud kepedulian suatu usaha pada masyarakat dan lingkungan disekitar dimana usaha tersebut berada. Arti yang lebih luas dari istilah ini adalah tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, dan kreditor.

Dalam setiap pengambilan keputusan baik untuk kepentingan perusahaan, maka perlu dipertimbangkan etika bisnis serta beberapa poin bentuk tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di antaranya adalah:

6 bentuk etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan

#1 Tanggung jawab sosial terhadap konsumen. Hal ini tidak hanya sebatas pada penyediaan produk barang atau jasa.

Pihak perusahaan juga harus memiliki tanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan hingga sampai pada konsumen harus memiliki nilai manfaat.

#2 Tanggung jawab sosial pada karyawan. Perusahaan bertanggung jawab dalam memberikan rasa aman kepada karyawannya, memperlakukan karyawan dengan layak dan tidak membeda-bedakan, serta memberikan kesempatan yang sama pada karyawan untuk mengembangkan diri.

#3 Tanggung jawab sosial kepada pihak pemberi dana (kreditor). Pada poin ini sebuah perusahaan harus mampu menyelesaikan kewajibannya dengan menyampaikan pada pihak kreditor ketika mengalami masalah keuangan.

#4 Tanggung jawab sosial kepada pemegang saham. Pemegan saham perusahaan berhak mendapatkan nilai atau value yang optimal.

Dalam hal ini pihak perusahaan harus mampu meyakinkan pemegang saham bahwa segala bentuk keputusan yang dilakukan adalah demi kesuksesan pemegang saham.

Namun ada kalanya pihak pemegang saham juga bisa aktif pada struktur manajemen perusahaan jika mereka memegang nilai saham yang cukup besar untuk perusahaan tersebut.

#5 Tanggung jawab sosial kepada lingkungan. Berhubungan dengan persoalan kelestarian alam dan lingkungan, maka perusahaan harus dapat menghindari segala bentuk upaya yang bisa memicu kerusakan lingkungan.

Seperti meminimalisir limbah hasil industri, menekan tingkat pencemaran polusi, serta melakukan usaha pemanfaatan atau daur ulang produk bekas sehingga menjadi lebih bermanfaat.

#6 Tanggung jawab sosial kepada komunitas. Ini merupakan bentuk kontribusi sebuah perusahaan terhadap aktifitas masyarakat.

Memberikan bantuan berupa fasilitas atau sarana untuk pendidikan maupun kesehatan dan membangun infrastruktur yang ditujukan untuk keperluan publik.

Penerapan etika bisnis dan tanggung jawab sosial pada perusahaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan memudahkan perusahaan dalam menjalankan visi dan misinya. Melalui etika bisnis dan tanggung jawab sosial akan membentuk citra positif perusahaan di mata masyarakat yang lebih luas.

Baca juga:

Manfaat etika bisnis untuk perusahaan

Pada prakteknya, etika bisnis akan dapat memberikan keuntungan kepada sebuah perusahaan untuk kesinambungan jangka panjangnya.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh jika sistem etika bisnis serta tanggung jawab sosial perusahaan dijalankan dengan tepat.

  • Mampu mengurangi biaya akibat di cegahnya kemungkinan terjadinya friksi,baik intern perusahaan maupun eksternal.
  • Akan meningkatkan motivasi untuk semua yang terlibat dengan perusahaan.
  • Dapat menjadi nilai unggul dalam menuju ketatnya persaingan.

Beberapa ranah etika dan tanggung jawab sosial yang dapat dijadikan landasan dalam melakuakan kegiatan secara etis dan bertanggung jawab agar mampu diterima di area bisnis nasional maupun multinasional harus patuh pada beberapa hal, sebagai berikut:

  • Produsen memberikan produk yang aman dan harga wajar, serta kemudahan konsumen mendapatkan informasi akurat terhadap produk yang dikonsumsi.
  • Perusahaan memiliki kewajiban dalam menyediakan pengambilan investasi dari investor yang menarik dengan memaksimumkan laba perusahaan.
  • Perusahaan bertanggungjawab terhadap karyawan mulai dari perencanaan, perekrutan, penggajian, orientasi, penempatan keselamatan kerja serta kesejahteraan.

Dari penjelasan di atas tentang cakupan etika bisnis dan tanggung jawab sosial yang dijalankan oleh perusahaan, hal tersebut demi sebuah konsisten dalam menerapkan dan mengimplementasikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial dalam segala aspek aktifitas organisasi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *