Advertisement

Cek Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Dengan Mudah dan Cepat

Tagihan dan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Bagaimana cara cek tagihan pembayaran iuran BPJS kesehatan ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya meskipun mungkin saat ini lebih dari separuh warga Indonesia telah memiliki BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan merupakan jaminan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dinaungi langsung oleh pemerintah. Layanan Kesehatan ini secara resmi dikeluarkan pada 1 Januari 2014. Walaupun umurnya masih relative belia namun layanan ini sudah sangat populer dan sangat cepat menyerap minat masyarakat. Karena layanan kesehatan ini menawarkan tariff iuran yang sangat kecil.

Pemerintah yang memiliki tanggung jawab penuh atas terselenggaranya program layanan kesehatan ini memang sangat memperhatikan kemudahan masyarakat dalam mengaksesnya.

Hal ini memang dimaksudkan supaya masyarakat bisa sesegera mungkin mendapatkan layanan kesehatan ini. Oleh sebab itu system dan prosedur yang dibuatpun tidak terlalu sulit.

Cara Mengetahui Berapa Tagihan Iuran BPJS Kesehatan

Ketika anda mendaftar sebagai peserta dari layanan BPJS Kesehatan pastinya anda diminta untuk melakukan pembayaran rutin setiap bulannya.

Jumlah yang dikeluarkan pun akan tergantung dengan jenis layanan yang diberikan. Dikarenakan jumlah pesertanya yang sangat banyak pihak BPJS juga memberikan akses pengecekan tagihan dengan cara yang cukup mudah. adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut:

#1 Melakukan pengecekan melalui website resmi BPJS

Pertama adalah melakukan pengecekan tagihan melalui internet. Cara ini memang sangat efektif dan efisien bagi mereka yang aktif dalam menggunakan layanan internet.

Caranya cukup mudah anda tinggal masuk ke website resmi BPJS Kesehatan yakni bpjs-kesehatan.go.id kemudian melakukan pengecekan tagihan pembayaran dengan langkah langkah sebagai berikut:

  1. Pada laman utama klik menu Cek Pembayaran Iuran.
  2. Setelah halaman baru muncul, anda akan diminta untuk mengisi dua kolom yang terdiri dari Nomor Kartu dan Tanggal Lahir.
  3. Setelah selesai mengisi kolom tersebut, kemudian anda diminta untuk melakukan validasi yang tertera di sana. Lalu klik Cek, maka rincian pembayaran anda akan muncul di layar. Rincian ini terdiri dari pembayaran yang telah anda bayar dan yang belum anda bayar.

#2 Melakukan pengecekan melalui SMS Gateway

Selain melalui internet, pihak BPJS juga memberikan layanan pengecekan tagihan melalui SMS.

Cara ini memang sangat tepat bagi mereka yang tidak terlalu akrab dengan internet. Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 0877 5500 400.

Berbagai informasi yang anda butuhkan bisa anda akses melalui nomor tersebut mulai dari informasi tagihan setiap bulannya hingga denda yang harus dibayar ketika anda melakukan penunggakan.

Untuk informasi tagihan bisa anda akses dengan menggunakan salah satu data diri anda, misalnya Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang anda miliki, atau pun dengan menggunakan Nomor Induk Pegawai yang anda miliki.

Anda bisa menggunakan salah satu dari data tersebut untuk mengakses informasi tagihan iuran BPJS anda, dengan menggunakan format sebagai berikut:

Misalnya, Anda menggunakanNomor Kartu BPJS.

Tagihan<spasi>NomorKartu BPJS

Contoh: Tagihan 0000123456789

Kirim ke 087775500400

Simak juga ulasan terkait mengenai kelebihan dan kekurangan BPJS dibanding asuransi serta artikel lainnya tentang cara dan prosedur berobat menggunakan BPJS Kesehatan.

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Sama halnya dengan system yang diberikan pemerintah untuk mengecek tagihan BPJS anda, mereka juga memberikan kemudahan lain untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Kemudahan seperti ini dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih cepat dalam melakukan pembayaran iuran setiap bulannya.

Jika anda salah satu pesertanya dan anda ingin melakukan pembayaran maka anda tidak perlu pusing akan hal itu, anda bisa memilih salah satu tempatnya untuk melakukan pembayaran, misalnya:

#3 Kantor BPJS Kesehatan

Cara ini memang sungguh mudah bagi mereka yang bertempat tinggal di wilayah dekat kantor cabang BPJS Kesehatan. Mereka tinggal datang langsung ke kantornya untuk membayar tagihan iuran. Anda bisa langsung menuju ke loket pembayaran yang telah disediakan.

#4 Membayar Iuran BPJS lewat ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri

Cara Membayar Tagihan BPJS Melalui ATM Mandiri, BRI, dan BNI

Selain 3 cara di atas anda juga bisa membayar tagihan BPJS Kesehatan ini melalui ATM BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

BPJS Kesehatan memang telah melakukan kerjasama dengan denga ketiga bank tersebut guna memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.

Justru cara ini akan semakin mudah bagi anda karena para peserta tidak perlu mengantri panjang lagi di loket hanya untuk membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan.

#5 Kantor Pos

Saat ini pihak BPJS telah memperluas kerjasamanya lagi dengan berbagai pihak guna memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran.

Pihak PT Pos Indonesia telah digandeng oleh pihak BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan pembayaran tagihan iuran. Sehingga dengan adanya hal ini maka masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan tetap bisa dengan mudah melakukan pembayaran.

#6 Indomaret dan Alfamart

Bahkan bukan itu saja pihak BPJS Kesehatan saat ini telah memperluas mitra kerjanya kembali dengan melakukan kerjasama dengan Indomart dan Alfamart sebagai salah satu tempat yang memberikan pelayana  pembayaran BPJS Kesehatan.

Karena tempat tempat ini relative mudah ditemukan sehingga masyarakat akan semakin nyaman dalam melakukan pembayaran BPJS Kesehatan.

#7 Loket Pembayaran Multi Tagihan

Untuk tempat yang satu ini sebenarnya sudah ada banyak di berbagai wilayah di Indonesia, namun mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Pada awalnya loket in hanya menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik dan telepon. Namun sekarang loket ini telah melayani pembayaran tagihan iuran BPJS Kesehatan meskipun masih ada beberapa loket yang belum menyediakan layanan pembayaran BPJS Kesehatan.

Layanan BPJS Kesehatan ini memang telah banyak digunakan oleh masyarkat luas. Anda harus paham dan mengetahui semua mengenai informasi dari BPJS Kesehatan.

Pemerintah saat in memang tengah mengupayakan untuk terus memberikan kemudahan layanan bagi para pesertanya. Mulai dari bank, kantor pos hingga supermarket telah mereka ajak untuk bekerjasama demi memberikan layanan yang terbaik bagi penggunanya. Sehingga dengan disediakan tempat tempat ini anda akan lebih mudah melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *