Advertisement

9 Jenis Usaha Modal Kecil Yang Sangat Menguntungkan

Beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang berpeluang memberikan penghasilan dan sangat menguntungkan tentunya terbatas pada target yang kecil pula.

Menyimak sekilas tentang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), di Indonesia saat ini mempunyai peranan penting dan memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan negara.

Sehingga, peluang bisnis dan usaha bagi pemiliki modal kecil sebaiknya lebih mengedepankan kreatifitas untuk mampu bersaing pada era ekonomi global seperti sekarang ini dan sampai masa yang akan datang.

Bergerak dalam bidang usaha kecil sebaiknya memiliki market yang benar benar jitu, sehingga bisnis yang dirintis dapat mencapai sasaran dengan tepat, mengingat dengan modal usaha yang sangat minim bisa di ibaratkan seorang pemancing yang hanya memiliki sedikit umpan namun harus dapat menarik perhatian ikan di danau yang luas.

Contoh usaha kecil yang cocok untuk pemilik modal minim

Berikut ini adalah 9 contoh bentuk usaha atau bisnis kecil kecilan yang bisa di analisa sebagai sumber inspirasi bisnis dan mungkin ada yang cocok dengan situasi dimana kamu berada.

#1 Usaha kue gorengan

Dengan memiliki modal yang sangat minim, usaha menjual kue gorengan merupakan satu peluang yang patut untuk dipertimbangkan.

Besarnya modal untuk memulai bisnis ini cukup terjangkau karena pada dasarnya peralatan yang diperlukan untuk memasak sementara bisa menggunakan perkakas dapur yang sudah kita miliki.

Kemudian belanja bahan pokok kue gorengan juga sangat murah serta cukup mudah didapatkan disekitar kita.

Mungkin minyak goreng adalah salah satu bahan yang cukup mahal jika kita harus benar benar menggunakannya untuk sekali pakai. Namun kenyataannya masih banyak yang bisa menggunakannya berulang kali.

Simak selengkapnya dalam ulasan tentang potensi yang cukup menjanjikan pada bidang bisnis kuliner dan makanan ringan.

#2 Usaha minuman coklat dan jus buah

Saat ini sudah banyak gerai minuman yang menjajakan khusus menu berbagai jenis minuman dingin atau hangat dengan sensasi rasa coklat yang divariasikan dengan keju, selai, atau topping lainnya.

Begitu juga dengan gerai kecil yang menyediakan berbagai minuman jus buah dengan harga yang sangat terjangkau di kantong anak anak sekolah.

Usaha modal kecil seperti ini sangat cocok jika kamu menemukan lokasi yang tepat seperti di area sekolah atau area tempat wisata.

#3 Usaha mie pangsit

Jangan pernah anggap remeh jenis usaha makanan yang satu ini. Berjualan mie pangsit sebenarnya sangat menguntungkan karena modal operasional per hari nya sangat kecil.

Memang pada awal merintis harus melengkapi terlebih dahulu peralatan memasak serta lokasi atau gerobak sebagai sarana berjualan.

Akan tetapi untuk keperluan modal operasional jualan selanjutnya akan sangat murah meriah dan bisa meraih keuntungan 3 x lipat dari modal belanja bahan pokok.

Selengkapnya bisa disimak di:

#4 Jualan mainan anak anak di sekolah

Ini juga merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang menguntungkan dan sering kali tidak disadari oleh banyak orang yang sedang mencari cari peluang bisnis.

Jika mendapati lokasi sekitar sekolah seperti taman kanak kanak ataupun sekolah dasar, berjualan mainan adalah target yang paling berpeluang untuk bisa menjadikan penghasilan harian.

Modal usaha ini tergolong sangat kecil dan keuntungannya bisa berlipat karena untuk belanja dagangan yang berupa mainan anak anak bisa didapat dari grosir dengan satuan per box atau paket.

Kemudian dijual dengan harga eceran yang mana per item mainan minimal adalah kisaran seribu rupiah sedangkan modal belanja per box dengan isi mainan yang sangat banyak bisa didapat dengan harga lebih murah.

#5 Usaha warung kopi sederhana

Peluang usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka warung kopi sederhana dengan melihat target konsumen yang sesuai dengan lokasi lingkungan yang kamu pilih.

Rata rata harga satu cangkir kopi hitam yang di jual di warung pinggiran terminal, warung tenda dan tempat nongkrong sederhana hanya kisaran tiga ribu rupiah.

Sedangkan modal untuk membuat satu cangkir kopi jika di analisa secara detail tidak lebih dari seribu sampai seribu lima ratus rupiah saja.

Keuntungan 50% bisa dikalkulasikan dengan toleransi lainnya seperti biaya bahan bakar untuk merebus air, sabun cuci gelas, dan menutup pengeluaran modal awal lainnya secara berkala.

Tentunya usaha warung kopi juga bisa dikombinasikan dengan berjualan menu lainnya sekelas makanan ringan seperti kue gorengan atau bahkan berjualan nasi dengan menu yang sederhana pula.

Selengkapnya simak tentang:

#6 Usaha cutting sticker

Saat ini usaha cutting sticker sudah sangat marak karena pengguna kendaraan bermotor yang juga tumbuh dengan pesat, dan tidak sedikit dari mereka yang suka mendandani kendaraan dengan hiasan cutting sticker.

Tidak jarang pula ditemui para pelaku bisnis ini hanya memanfaatkan trotoar dan tepi jalan yang banyak dilalui para pengendara untuk menjalankan jenis usaha modal kecil ini.

Untuk membuat satu block full cutting sticker pada unit motor matic biasanya akan dikenakan tarif kisaran dua ratus ribu hingga tiga ratus ribu rupiah sesuai tingkat kesulitannya.

Sedangkan modal untuk belanja bahan sticker antara satu hingga 2 rol yang bisa digunakan untuk tiga unit motor full cutting, hanya membutuhkan modal sebesar kurang lebih seratus lima puluh ribu rupiah saja.

Untuk menjalankan usaha ini memang memerlukan keahlian dan ketrampilan serta bakat seni. Namun siapapun tetap memiliki kesempatan untuk belajar dan pasti dapat untuk dipelajari jika kamu benar benar ingin menekuninya.

#7 Usaha potong rambut

Tidak perlu membuka salon yang mewah dan dilengkapi dengan peralatan yang modern jika ingin membuka usaha potong rambut namun hanya tersedia modal yang minim.

Khususnya potong rambut pria, dengan alat yang tidak terlalu rumit seperti halnya salon kecantikan wanita, maka persiapan yang paling besar adalah bagaimana cara memilih atau menentukan lokasi tempat usaha yang strategis.

Pemilihan lokasi memang yang akan menjadikan kendala jika kamu memiliki modal kecil dan mengharuskan untuk menyewa tempat ketika membuka dan menjalankan usaha ini.

Namun kamu bisa memulainya dengan memilih tempat yang paling sederhana meskipun hanya sebatas cukup dipakai untuk duduk, taruh cermin, serta ada ruang gerak untuk memotong rambut pelanggan.

Yang pasti pemilihan tempat ramai adalah sasaran utama dan dengan ongkos yang murah serta hasil kerja yang bagus adalah sebuah promosi yang otomatis akan membawa keuntungan besar untuk hari hari berikutnya.

#8 Usaha menjual sayur keliling

Sayur dan lauk pauk lainnya adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa ditinggalkan lagi.

Sedangkan masyarakat sekarang ini selalu ingin dilayani dengan cepat, mudah juga ekonomis.

Peluang usaha modal kecil yang satu ini merupakan target yang sangat menjanjikan keuntungan besar, sebab dengan kamu menjajakan kebutuhan pokok ini secara berkeliling (dari rumah ke rumah), maka konsumen tidak perlu repot ke pasar.

Modal usaha ini tergolong kecil jika kamu hanya sebatas membawa jenis sayuran dan bahan lauk pauk yang murah.

#9 Menjalankan bisnis musiman dengan modal kecil

Sebuah jenis usaha musiman memiliki sifat sementara dan tidak bisa dijalankan secara terus menerus.

Model usaha kecil yang tergantung pada moment moment tertentu juga bisa di istilahkan sebagai bentuk usaha dadakan.

Peluang mendapatkan keuntungan dari jenis bisnis ini adalah seperti grafik yang perlahan naik kemudian drop pada titik akhir tertentu.

Ada 3 contoh yang sudah sangat akrab dan populer tentang jenis usaha ini diantaranya adalah:

  • Berjualan terompet saat mendekati tahun baru.
  • Berjualan kue takjil adalah peluang usaha di bulan puasa yang sudah populer
  • Berjualan sourvenir serta kado dan bingkisan saat hari valentine

Dari ketiga contoh diatas dapat dijalankan dengan modal kecil namun berpeluang bisa memperoleh keuntungan yang menggiurkan.

Karena pada moment tersebut merupakan sebuah tradisi atau kebiasaan bagi kalangan masyarakat tertentu yang dari tahun ke tahun sudah terbiasa dan tidak pernah melewatkan acara atau perayaannya.

Kendala yang sering di hadapi masyarakat dalam sektor usaha kecil

Melihat kontribusi UKM yang besar terhadap perekonomian, dan rendahnya pengelolaan modal kerja serta sulitnya memperoleh modal kerja dari lembaga keuangan, maka diperlukan perhatian dalam hal permodalan untuk usaha kecil dan menengah yang ada.

Masalah ini merupakan masalah global di Indonesia, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa di manapun masalah permodalan juga menjadi hambatan untuk perkembangan Usaha Kecil dan Menengah. Akan tetapi masih ada solusi tentang hal ini yang kami ulas pada artikel mengenai bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah.

Namun disisi lain kesulitan yang terbesar pada usaha kecil dalam modal kerja terletak pada usaha pemisahan antara kebutuhan modal kerja dengan kebutuhan hidup pengusaha dan keluarga sehari-hari.

Hal ini terjadi kerena usaha kecil umumnya tidak mampu mengakses modal, terutama jika berhubungan degan pihak ketiga (bank maupun mitra usaha lainnya yang sifatnya sangat selektif).

Kelemahan ini tentunya berdampak luas pada daya saing dan kemantapan berusaha.

Oleh karena itu dibutuhkan pembinaan yang  baik bagi UKM untuk dapat bersaing.

Selain masalah pembinaan, masalah yang penting yang dihadapi oleh UKM adalah mengelola modal kerja yang ada secara optimal sehingga kinerja UKM dapat meningkat dan memberikan dampak positif agar dapat bersaing dengan usaha-usaha yang lebih maju.

1 Comment

  1. Pinjaman Jaminan BPKB

    January 29, 2017 at 5:45 pm

    Butuh Modal Usaha? Punya BPKB? Klik pinjamanuangjaminanbpkb.com atau Hubungi 0816856846 untuk mendapatkan simulasi hitungan pinjaman gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *