Advertisement

Membuka Usaha Modal 2 sampai 5 Juta Untuk Penghasilan Harian

Peluang-Usaha-Modal-2-3-5-Juta

Ada beberapa contoh peluang usaha dengan modal 2 sampai 5 juta yang dapat memberikan penghasilan harian serta masih bisa menyisihkan keuntungan untuk ditabungkan.

Jenis usaha ini termasuk dalam kategori bisnis kecil atau juga bisa disebut sebagai bentuk usaha rumahan yang cukup menjanjikan.

Dengan memiliki modal yang minim, maka kita harus membuat target tepat sasaran agar putaran uang bisa bergerak lebih cepat meskipun dengan margin keuntungan yang relative kecil.

Contoh usaha kecil dengan modal minim antara 2 hingga 5 juta

Peluang usaha dengan modal kecil berikut ini kita perkirakan dengan sudah tidak memperhitungkan lagi perihal sarana dan prasarana seperti mobilitas (kendaraan) ataupun sewa lokasi tempat usaha.

Artinya dengan memiliki modal antara 2 sampai 5 juta hanya terbatas pada kebutuhan komposisi utama untuk membuka usaha yang akan di jalankan.

1# Cuci sepeda motor

Usaha Modal 2 Sampai 5 Juta

Memiliki lahan di tepi jalan raya, dan memanfaatkan halaman rumah juga bisa menjadi poin pertama yang merupakan lokasi tepat untuk digunakan membuka usaha cuci sepeda motor.

Berikut ini adalah estimasi perhitungan anggaran serta kalkulasi keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha cuci motor.

  • Satu unit waterjet 200 watt Rp 2.500.000
  • 5 Pcs kanebo Rp 200.000
  • Sikat sikat dan spons Rp 150.000
  • Sabun cuci motor Rp 200.000
  • Bayar listrik dan air Rp 500.000

Total modal : Rp 3.550.000

Mematok tarif ongkos cuci untuk setiap motor Rp 10.000 dengan target per hari mendapatkan konsumen minimal 10 unit motor.

Omzet dalam waktu satu bulan sudah bisa mendapatkan Rp 3 juta.

Untuk anggaran modal sebenarnya masih bisa ditekan lagi karena estimasi harga di atas dibuat dengan perkiraan harga tertinggi.

Dengan perhitungan sederhana saja sudah bisa diperkirakan bahwa modal 3,5 juta akan bisa kembali dalam tempo sebulan dan selanjutnya sudah menjadi keuntungan yang cukup layak untuk menjadi sumber penghasilan sehari hari.

#2 Tukang sayur keliling

Usaha Jual Sayur Keliling

Pilihan berikutnya adalah usaha berjualan sayur keliling yang sepintas tampak biasa saja namun sebenarnya sangat menguntungkan.

Masyarakat sekarang ini suka dengan hal hal yang praktis dan tersedia dengan cepat.

Begitu pula untuk mendapatkan kebutuhan pokok sehari hari seperti bahan lauk pauk dan sayuran.

Bukan hanya untuk masyarakat perkotaan yang hidup di komplek perumahan, bahkan hingga di pelosok kampung jenis usaha kecil ini sudah banyak dijalankan oleh mereka yang bisa membaca peluang.

Para pedangan sayuran keliling belanja dari pasar kemudian dibawa berkeliling dari kampung ke kampung dan waktu paling ideal adalah pagi buta sebelum orang orang keluar rumah untuk memulai aktifitas.

Dimana pagi hari adalah kesibukan ibu ibu rumah tangga memulai memasak untuk keluarga.

Harga belanja dipasar biasanya lebih murah kemudian dijual secara eceran dengan harga sedikit mahal namun konsumen tidak perlu repot melangkah jauh dari rumah.

Jika masyarakat sudah sangat akrab dan kita memiliki banyak pelanggan, maka dengan modal kurang dari 5 juta tentunya akan cukup sebagai penunjang penghasilan harian.

Simak juga ulasan terkait mengenai jenis usaha dagang yang sangat menjanjikan serta atikel tentang tips dan strategi memenangkan persaingan bisnis.

#3 Jual minuman air tebu

Usaha Modal Kecil

Untuk memilih jenis usaha kecil yang satu ini kita harus memiliki spot tempat usaha yang strategis.

Contoh jika mempunyai lahan dekat gedung sekolah ataupun di tepi jalan yang ramai orang berlalu lalang adalah posisi yang paling ideal untuk berjualan air tebu.

Kalkulasi perhitungannya adalah:

  • Mesin giling tebu Rp 2 juta
  • Merakit gerobak Rp 1 juta
  • Alat alat lainnya Rp 500 ribu
  • Tebu per kuintal Rp 200 ribu bisa untuk 250 sampai 300 porsi
  • Plastik, Es, dll Rp 100 ribu

Total modal: Rp 3,8 juta

Estimasi penjualan jika harga per porsi air tebu adalah Rp 2 ribu maka target setiap harinya bisa memperoleh pembeli sampai 50 orang (target minimal).

Omzet perhari sudah bisa mengantongi minimal Rp 100 ribu sudah lumayan untuk menjadi sumber penghasilan harian.

#4 Minuman Coklat Choco Rich (WaraLaba)

Usaha waralaba modal 2 juta

Image by: fjb.kaskus.co.id

Bisnis Choco Rich sudah ada sejak bulan Oktober tahun 2011, dirintis oleh Dede Sulaiman yang memang menyukai makanan coklat kemudian mencoba bereksperimen membuat satu variasi makanan yang berbahan dasar coklat.

Ketika memulai usahanya tersebut, Ia menghabiskan modal sebesar 2 juta rupiah untuk membeli berbagai peralatan dan bahan baku yang diperlukan.

Sampai pada saat ini bisnis Choco Rich sudah memiliki sejumlah gerai yang tersebar di berbagai kota besar di pulau Jawa. Untuk mengembangkan bisnisnya, Dede Sulaiman menerapkan system Franchise atau Waralaba, dan Ia mengaku meraup keuntungan sebesar 20% dari investasi yang dibayarkan oleh mitra usaha dari hasil pembelian bahan baku setiap bulannya.

Perhitungan keuntungan 20% ini, tidak semuanya digunakannya untuk jajan, tetapi dikembalikan beberapa persen ke mitra usaha untuk pemberian modal, dukungan, dan tim pengembang usaha, agar usaha nya tersebut dapat terus berkembang.

Jangan lupa simak juga tentang jenis usaha waralaba yang sangat potensial tahun ini dan artikel mengenai tips dan strategi memulai usaha waralaba atau bisnis franchise makanan.

Untuk dapat bergabung menjadi mitra usaha Choco Rich, terdapat beberapa jenis paket investasi yang bisa anda pilih dan disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

  • Paket 3 juta tanpa booth
  • Paket 7 juta dengan booth aluminium
  • Paket 12 juta dengan booth kayu

Selain itu dalam perhitungan besaran investasi tersebut anda akan mendapat beberapa perlengkapan seperti mesin cup sealer, shaker stainless blender, ice box, cup plastic, sedotan, bahan baku awal dan seragam karyawan.

Perhitungan Break Event Point
Dana modal Awal / investasi awal = 3 Juta
Prediksi penjualan = @ 5 ribu / cup x 30 cup x 30 hari = 4,5 juta
Modal yang dikeluarkan untuk bahan baku Choco Rich isi 30 cup = 3000 x 30 cup x 30 hari = 2,7 juta.

Biaya operasional 500.000 – 800.000 / bulan untuk sewa lokasi, biaya transport, biaya makan, dan keperluan lain.

Keuntungan bersih / bulan = penjualan – (pembelian + operasional ) = 4,5 juta – (2,7 juta + 800 ribu) = 1 juta, jadi kesimpulannya anda dapat balik modal dalam 3 bulan saja.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *