Advertisement

Bisnis Kuliner: Tips Dan Strategi Memulai Usaha Beserta Manajemennya

Memulai usaha bisnis kuliner

Bisnis kuliner merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan meskipun harus memulainya dengan modal kecil namun memiliki ide serta strategi yang tepat.

Banyak orang merasa kesulitan untuk memulai bisnis ataupun usaha hanya dengan alasan keterbatasan modal.

Akan tetapi sesungguhnya peran uang sebagai modal usaha hanya berperan sekitar 10% untuk menjamin keberhasilan dari bisnis yang akan dijalankan.

loading...

Selebihnya adalah modal yang bukan berupa uang namun harus dimiliki oleh semua orang yang akan memulai usaha yaitu:

  • Pengalaman

Pengalaman adalah modal yang paling penting dari semua modal yang diperlukan dalam memulai usaha. Ini bisa digunakan sebagai titik sentral didalam menentukan jenis usaha yang akan dijalani.

  • Pengetahuan

Dengan semakin banyaknya  pengalaman maka pengetahuan juga akan menyeimbanginya. Dengan pengetahuan diharapkan kita bisa menguasai pasar dengan baik.

  • Skill (Keahlian)

Bila mempunyai skill tertentu (dalam hal ini memasak) tentunya akan jauh lebih baik lagi untuk mendukung sebuah bisnis kuliner. Usaha yang dilandaskan oleh skill akan cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan usaha yang tidak dlandasi dengan keahlian.

  • Keberanian

Maksud dari keberanian disini adalah berani mengatasi rasa takut menanggung resiko yang akan datang.

  • Kreativitas dan Inovasi

Buat masakan-masakan yang beda dari rumah makan lainnya. Gunakan kreativitas untuk membuat resep-resep baru yang dapat menjadi ciri khas dari usaha makanan yang kita jalankan.

  • Semangat

Dukungan semangat dari rekan-rekan juga merupakan modal yang tidak  kalah bernilainya dari sekadar modal uang.

Faktor penting dan strategi memulai usaha bisnis kuliner

Modal dana serta kemampuan personal sudah dimiliki, selanjutnya adalah langkah penting yang perlu diterapkan untuk suksesnya sebuah bisnis kuliner dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.

#1 Menentukan lokasi tempat usaha yang strategis

Ini poin yang teramat penting dan mendukung lebih dari 50% akan keberhasilan sebuah bisnis kuliner yang dipilih.

Menemukan tempat lokasi usaha yang strategis tidak begitu sulit dengan cara kita peka terhadap situasi serta perkembangan lingkungan sekitar.

Usaha makanan sebaiknya harus memilih tempat dimana lingkungannya adalah orang sibuk serta memiliki daya beli yang tinggi.

Contoh lokasi bisnis makanan yang paling ideal adalah seperti area kampus, perkantoran, terminal, dan area wisata.

#2 Membuat tempat usaha yang menarik dan nyaman

Lokasi strategis telah dimiliki selanjutnya adalah memikirkan tentang ketertarikan konsumen ketika melihat gerai, kedai, resto, ataupun warung makan yang sudah anda bangun.

Ciptakan nuansa yang unik sehingga mereka bisa tertaik ketika pertama kali melihatnya.

Jangan pernah mengabaikan kenyamanan pengunjung karena ini akan memberikan sensasi tersendiri sehingga mereka merasa ingin kembali mengunjungi tempat anda.

Membuat kondisi lingkungan usaha kuliner nyaman dan menarik meliputi beberapa hal diantaranya adalah:

  • Kebersihan adalah poin paling utama
  • Tidak terlalu sempit untuk duduk dan menikmati makanan
  • Sirkulasi udara yang bebas
  • Berikan sedikit hiburan, TV, Musik, WiFii dll.

#3 Utamakan cita rasa olahan yang disajikan

Rasa makanan adalah segalanya bagi konsumen sehingga mereka yang akan menilai kualitas dari sajian kuliner yang anda hidangkan.

Demi kelangsungan bisnis kuliner tetap berkembang maka beranilah untuk merekrut orang yang benar benar ahli dalam bidang ini khususnya memasak.

Konsumen yang penggila kuliner akan berani membayar lebih mahal dengan kualitas citarasa yang tinggi.

Mereka tidak akan pernah kecewa yang kemudian akan kembali dengan membawa konsumen lain untuk ikut merasakan hasil olahan di tempat anda.

Makanan enak tidak harus dibuat dengan bahan yang mahal, mempertimbangkan modal usaha yang kecil, maka membuat jenis masakan sederhana tetap dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.

#4 Pemilihan nama tempat usaha kuliner yang unik

Menamai warung, resto ataupun kafe dengan kata dan istilah istilah yang unik akan membuat kesan pertama yang bisa membuat konsumen ingin mencobanya.

Meskipun sajian makanan yang disediakan adalah bukan makanan khas alias sudah umum, namun tidak ada salahnya jika di tambahkan dengan seruan yang lebih menggoda konsumen.

Strategi pemasaran paling jitu untuk usaha kuliner

Setelah semua itu sudah tertata rapi dalam suatu konsep yang matang, langkah berikutnya yang kita lakukan adalah memasarkan usaha kuliner yang telah kita rintis.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memasarkan suatu usaha kepada konsumen, misalnya melaui iklan, brosur, dan spanduk atau dengan memasang papan nama dengan ukuran yang besar agar mudah dibaca dan harus tampak dengan jelas.

Contoh bentuk bisnis makanan yang menjanjikan dengan anggaran modal kecil

Beberapa contoh bentuk usaha kuliner berikut ini adalah yang bisa dimulai dengan dukungan modal yang kecil namun tetap berpeluang memberikan penghasilan dan keuntungan.

#1 Usaha katering kecil kecilan

Bisnis katering dengan keterbatasan modal bukan sesuatu yang sulit untuk dipilih dan bisa dijadikan salah satu bentuk usaha rumahan yang berpeluang mendatangkan penghasilan.

Untuk memulainya bisa dengan menawarkan pelayanan konsumsi untuk karyawan kantor dengan kapasitas kecil, atau ketika ada event dan acara acara terentu di lingkungan sekitar anda saja.

Seperti pada acara resepsi pernikahan, ulang tahun ataupun jamuan makan lainnya yang termasuk dalam skala kecil artinya maksimum untuk konsumsi antara 200 hingga 500 orang.

#2 Warung mie ayam dan bakso

Membidik peluang usaha dengan modal kecil berikutnya adalah membuka usaha kuliner yang sederhana seperti warung mie ayam atau bakso.

Menjual mie ayam memang sepintas tampak terlalu biasa namun jika anda mengetahui perhitungannya maka jangan heran kalau keuntungan jualan mie ayam bisa 2 kali lipat dari modal.

Coba simak selengkapnya tentang usaha mie keliling dengan modal kecil berpenghasilan besar.

#3 Warung kopi sederhana

Bisnis kuliner yang satu ini juga tidak bisa di anggap remah karena sudah banyak para pelaku usaha makanan yang sukses berawal dari membuka warung kopi sederhana.

Warung kopi memang identik dengan tempat nongkrong, jadi buatlah suasana kedai kopi yang nyaman dan membuat konsumen betah.

Sediakan menu menu ringan lainnya selain hanya jenis minuman termasuk hidangan jajanan dan tidak menutup kemungkinan bisa juga dikembangkan menyediakan makanan berat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *