Advertisement

6 Pilihan Jenis Bisnis Usaha Dagang Paling Menguntungkan Untuk Ditekuni

Peluang bisnis dan usaha dagang yang menguntungkan

Menekuni bisnis khususnya jenis usaha dagang apa yang paling menguntungkan sebenarnya bisa dipelajari sebelum anda memutuskan untuk terjun dalam bidang yang satu ini.

Tentunya sudah tidak asing lagi bahwa bisnis dagang adalah langkah mencari keuntungan dengan cara jual beli barang yang diperdagangkan itu sendiri.

Secara teknisnya jika dagangan tersebut laris maka akan berdampak pada profit usaha dan keuntungan yang diperoleh tentu semakin cepat tumbuh atau lebih mudah didapatkan.

Barang apa yang akan dijual atau diperdagangkan?

Poin ini yang seringkali membuat seseorang bingung menentukan ketika akan membangun sebuah bisnis dan usaha.

Kita asumsikan saja sudah punya modal usaha dan telah didukung adanya lokasi tempat usaha yang strategis sebagai pusat niaganya , nmun mereka masih belum menemukan jenis barang apa yang sekiranya akan laku dan laris di jual nanti.

Untuk saat ini sangat berbahaya jika hanya menjual barang yang asal asalan maka sebaiknya mencari jenis dagangan yang cepat laris dan dicari banyak orang.

Menemukan jenis produk yang paling banyak dicari oleh orang dan masih minim persaingan ini adalah sesuatu yang tersulit dibandingkan dengan faktor lainnya.

Sebenarnya berkompetisi dan penuh persaingan itu sudah wajar didalam dunia bisnis, dan hanya dengan cara bersaing positif tanpa kecurangan adalah yang akan menumbuhkan mental pengusaha sukses pada diri anda nantinya.

3 Faktor penting yang perlu diperhatikan dalam berdagang

Ada 3 poin terpenting yang sangat perlu diperhatikan ketika anda akan memutuskan menerjuni bidang bisnis yang satu ini yaitu adalah:

#1 Menyadari tingkat persaingan dan ukur kemampuan anda

Anda tentunya tidak berdagang seorang diri dan jika dagangan anda sudah ada yang sama dengan penjual lainnya, maka ini merupakan resiko yang harus siap anda hadapi.

Biarkan konsumen yang menilai antara anda dengan pesaing pesaing lainnya dengan perpedoman bahwa anda tetap sportif dan tidak berupaya mencuranginya.

#2 Servise atau pelayanan untuk merebut konsumen

Siapapun pengusaha pasti akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang dapat membuat konsumen merasa nyaman.

Disni bertujuan agar pengunjung tersebut yang memberikan nilai bahwa toko anda jauh lebih baik dari segi pelayananya meskipun menjual barang yang sama.

Mungkin pengujung yang membeli akan datang berulang kali dengan alasan pelayanan cukup baik yang sudah anda berikan kepada mereka

#3 Kualitas barang dagangan yang tidak mengecewakan

Menyikapi persaingan serta memberikan pelayanan maksimal sudah dilaksanakan maka selanjutnya adalah menjaga kualitas barang dagangan yang tidak pernah mengecewakan.

Apapun alasannya, seratus kali anda menjual barang yang bagus maka bisnis anda akan mudah hancur dalam sekejap jika sekali saja menjual produk yang mengecewakan konsumen.

Untuk itu upaya mempertahankan kualitas dagangan adalah sesuatu yang paling berat untuk dijalankan, mengingat kadang barang dagangan tersebut bukan dari anda sendiri yang memproduksinya.

Jadi berupayalah untuk tetap selektif memilih dagangan yang hendak anda jual serta cermatlah dalam memilih supplier yang terpercaya misalkan anda sedang membangun bisnis dropship atau niaga lainnya.

6 Contoh jenis usaha dagang yang laris dan paling laku saat ini

Berikut ini kami berikan gambaran mengenai contoh bisnis usaha dagang yang cukup menjanjikan sebagai sumber inspirasi bisnis tahun 2017 hingga kedepannya.

#1 Usaha berjualan makanan

Peluang bisnis dan usaha warung lesehan di pinggir jalan

Sampai kapanpun bisis kuliner tidak akan pernah ada matinya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup di dunia.

Maka jangan heran jika dimanapun lokasinya usaha jualan makanan tetap akan tumbuh seiring dengan perkembangan populasi masyarakat diwilayah tersebut.

Banyak sekali ragam jenis usaha bidang kuliner yang bisa anda lirik menyesuaikan dengan kapasitas atau passion anda.

Selain itu juga sebaiknya dipertimbangkan dengan lokasi dimana anda akan membuka usaha makanan karena tentu saja akan berbeda target konsumennya.

Untuk mempelajarinya secara lebih detail simak ulasan mengenai beberapa jenis bisnis makanan berikut ini diantaranya adalah:

#2 Bisnis niaga dibidang fashion

Yang kedua adalah bidang fashion karena ini juga merupakan kebutuhan pokok manusia.

Bisnis fashion adalah salah satu pilihan jenis usaha dagang yang laris dan selalu mendapatkan konsumen sepanjang masa meskipun begitu ketat pertumbuhan pesaingnya.

Namun apabila anda jeli memahami peluang, maka masih banyak celah untuk anda bidik sehingga konsumen anda lebih tertarget dan lebih mudah untuk memasarkan  dagangan anda.

Misalkan saja dengan memanfaatkan moment tertentu seperti menjual busana muslim sebagai bisnis sampingan dibulan ramadhan adalah strategi usaha dagang yang patut anda pertimbangkan.

#3 Berdagang gadget dan elektronika

Kemajuan teknologi digital saat ini sudah tidak dapat ditunda lagi sehingga memicu pertumbuhan industri serta beragam peluang bisnis baru yang berbasis teknologi informatika.

Seperti perangkat ponsel serta komputer portable saat ini sudah menjadi barang umum dan bukan masuk kategori benda mewah lagi sehingga produk ini termasuk jenis dagangan yang paling laris untuk diperjual belikan.

#4 Jualan pulsa dan kuota internet

Masih berhubungan dengan pertumbuhan teknologi digital dan internet, maka kebutuhan akan pulsa serta kuota internet sudah tidak mungkin digantikan lagi.

Berdagang pulsa tidak memerlukan modal yang terlalu besar bahkan dengan nominal kurang dari 1 juta anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Termasuk dalam jenis bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan untuk ditekuni bagi anda yang ingin mencoba peruntungan dibidang niaga atau berdagang.

#5 Usaha waralaba franchise jenis minuman

Strategi Usaha Bisnis Franchise waralaba

Ketika pada jaman dulu jenis bisnis waralaba franchise minuman ini hanya ramai di kota kota besar, maka sekarang ini sudah merambah hingga ke pinggiran kota bahkan cukup mudah dijumpai dikampung dan desa.

Mengingat jenis usaha dagang yang satu ini juga cukup mudah pengelolaannya karena anda yang masih pemula akan dipandu oleh pemilik merek waralaba hingga anda mampu menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Untuk kebutuhan modal usaha yang perlu disediakan agar bisa bergabung menjadi mitra waralaba cukup berfariasi kisaran 3 juta hingga 10 juta sesuai dengan jenis produk serta fasilitasnya.

#6 Bisnis berjualan jasa

Tingkat kesibukan masyarakat sekarang ini sudah semakin padat sehingga banyak sekali jenis aktifitas yang dulunya bisa dikerjakan sendiri akhirnya tidak sempat lagi dan harus diberikan pada penyedia usaha jasa.

Contoh bisnis jasa yang saat ini semakin tumbuh dan tetap banyak pemintanya diantaranya adalah:

  • Jasa laundry atau cuci dan strika
  • Jasa cuci motor dan mobil
  • Cleaning service panggilan
  • Jasa bimbingan belajar dan kursus
  • Precetakan dan printing

Itu hanya beberapa saja dan sesungguhnya akan anda banyak sekali ragam jenis usaha bidang jasa yang notabene bisa anda bidik sebagai salah satu peluang usaha dagang yang cukup menguntungkan saat ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *