Advertisement

Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, Berikut 6 Tips Jitu Meraihnya

Mengurus Beasiswa kuliah di luar negeri

Mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan kuliah di luar negeri bukanlah hal yang mustahil untuk siapa saja dengan syarat dan ketentuan yang semestinya wajib atau mampu dilalui dengan baik.

Hampir setiap orang pasti menginginkan untuk bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri, namun seringkali impian ini terhambat oleh adanya ketersediaan biaya.

Karena dibayang bayangi oleh besarnya biaya untuk ke sana tidak jarang mereka mengurungkan dan melupakan keinginannya itu. Memang tidak bisa dipungkiri kalau biaya hidup dan kuliah diluar negeri itu cukup besar, hal ini pun juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain salah satunya adalah karena rendahnya nilai tukar mata uang kita dengan mata uang asing.

Namun jangan jadikanlah masalah biaya ini akhirnya menghancurkan impian anda untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Karena masih banyak cara lain yang bisa anda tempuh untuk bisa meraih impian anda. Saat ini banyak institusi yang memiliki program beasiswa untuk para mahasiswa sehingga dengan begini anda bisa tetap melanjutkan kuliah.

Menghadapi persaingan ketat untuk memperoleh beasiswa

Dengan adanya beasiswa ini memang memberikan warna baru bagi para para remaja yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Namun untuk bisa mendapatkannya biasanya para pihak penyelenggara menetapkan berbagai persyaratan yang mesti mereka penuhi, sehingga tidak heran kalau persaingannya cukup ketat.

Memanglah kesempatan semacam ini haruslah dimiliki oleh orang orang yang tepat supaya nantinya bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Oleh sebab itu pihak penyelenggara diharuskan untuk senantiasa cermat dan berhati hati dalam menyeleksi.

Jika anda memiliki keinginan untuk mendapatkan beasiswa maka sudah dapat dipastikan kalau saingan anda akan luar biasa banyak. Namun anda tidak lantas untuk berputus asa siapa tahu kalau itu akan jadi rejeki anda, kalau memang anda mempersiapkannya dengan baik dari awal.

Selain persiapan yang cukup matang ada faktor lain yang juga tidak kalah penting untuk anda miliki yakni motivasi yang kuat untuk melanjutkan kuliah, sehingga kesempatan anda untuk mendapatkan beasiswa akan semakin terbuka lebar. Nah, untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa dengan lancar maka berikut ini kami berikan tips yang bisa untuk coba anda terapkan.

#1 Mantapkan keyakinan dan dapatkan motivasi untuk itu

Saat ini mungkin ada berbagai hal yang menyelimuti perasaan dan pikiran anda untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Kecemasan, kekhawatiran dan keragu raguan pasti ada dalam diri anda, sehingga keyakinan awal anda untuk bisa kuliah ke luar negeri semakin tergoyahkan. Namun jangan biarkan perasaan seperti ini membuat anda putus asa.

Selalu usahakan untuk memiliki pemikiran yang optimis dan yakin kalau anda bisa melakukannya. Hal seperti ini akan semakin kuat jika dibarengi dengan motivasi yang tinggi dari dalam diri anda. Sudah bukan saatnya lagi untuk anda bersikap kekanak kanakan.

Berusahalah untuk selalu bersikap dewasa dan berani dalam mengambil sebuah keputusan terkait masa depan anda jika anda selalu yakin maka bukan tidak mungkin kesempatan ini akan menjadi rejeki anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai peluang bisnis dan usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa serta artikel menarik lainnta tentang mengelola bisnis baju distro cocok untuk anak kuliahan.

#2 Menentukan univeritas dengan tepat sedini mungkin

Ketika anda sudah memutuskan untuk mengikuti seleksi beasiswa maka hal utama yang semestinya sudah anda putuskan adalah pilihan perguruan tinggi beserta dengan jurusannya.

Usahakanlah bahwa jurusan yang anda pilih itu sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. Jangan sampai anda salah dalam memilih jurusan karena di masa depan bisa menimbulkan resiko masalah.

Setiap jurusan di sebuah perguruan tinggi itu memiliki peringkat sendiri sendiri namun ketahuilah bahwa peringkat jurusan dengan universitas itu berbeda di dalam dunia pendidikan.

Maka anda perlu untuk mempertimbangkan kedua hal ini. Nah, setelah perguruan tinggi dan jurusan sudah mantap anda pilih maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait hal tersebut.

Apa apa saja yang sekiranya dibutuhkan dan menjadi persyaratan untuk mendaftar ke sana. Hal ini memang sangatlah penting untuk anda pikirkan mulai sekarang supaya anda bisa mempersiapkannya dengan baik serta target memperoleh beasiswa kuliah diluar negeri semakin kuat.

#3 Penuhi semua persyaratannya

Ketika universitas dan jurusan telah anda tentukan maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan persyaratan dan dokumen dokumen yang diperlukan untuk daftar ke universitas maupun seleksi beasiswa, sehingga proses seleksi anda nantinya bisa lebih lancar.

Perlu diketahui bahwa dalam mendaftar seleksi beasiswa ada dua dokumen yang mesti anda persiapkan yakni Curriculum Vitae dan Motivation letter.

Keduanya harus anda susun dengan baik, sehingga anda layak untuk menerimanya. Dalam membuat motivation letter anda perlu memperhatikan susunannya dengan mencantumkan kelayakan anda untuk menerima beasiswa ini sehingga pihak penyelenggara bisa tertarik.

Selain itu ada satu syarat lagi yang mesti anda penuhi yakni nilai TOEFL anda harus tinggi karena mereka menghendaki orang orang yang mempunyai kemampuan dalam menguasai bahasa asing.

#4 Tentunkan pilihan beasiswa sesuai dengan kebutuhan

Di Indonesia ada berbagai jenis beasiswa yang bisa anda dapatkan begitu pula yang ada di luar negeri. Namun, itu dia syaratnya untuk bisa mendapatkannya anda harus lolos seleksi terlebih dahulu.

Usahkanlah untuk memilih beasiswa yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga ketika anda berangkat ke luar negeri bisa memberikan manfaat bagi dirimu sendiri.

Ada beberapa jenis beasiswa yang menghendaki tujuan tertentu bagi para penerimanya. Umumnya beasiswa seperti ini diberikan oleh institusi pemerintah.

Untuk itu pengetahuan mengenai jenis jenis beasiswa juga perlu anda miliki sejak awal, supaya anda tidak keliru memilih. Berusahalah untuk selalu memenuhi semua persyaratannya jika anda memang benar benar berniat untuk melanjutkan pendidikan.

#5 Mempersiapkan diri menghadapi tes

Ketika jenis beasiswa telah mantap anda pilih maka persiapan yang matang tentunya juga sudah anda lakukan untuk bisa menghadapi berbagai tes yang diberikan oleh pihak penyelenggara.

Kenapa hal ini begitu penting untuk anda persiapkan? Ya, sebab semuanya akan sia sia jika anda mengajukan lamaran tanpa memiliki bekal kesiapan mental.

Usahakan jangan gugup ketika wawancara sedang berlangsung karena hal ini justru akan menghancurkan semua persiapan anda. Untuk bisa mengatasi kegugupan ini maka seharusnya anda sudah siap dengan segala hal yang nantinya akan ditanyakan oleh pihak penyeleksi. Bersikaplah normal dan tenang dalam menjawab setiap pertanyaannya.

#6 Siap menghadapi kegagalan dan berani untuk mencobanya lagi

Ketika semua tes telah anda jalani dengan baik maka selanjutnya anda tinggal menunggu keputusan dari pihak penyelenggara.

Jangan takut dengan kegagalan karena hal ini sudah biasa terjadi dalam setiap usaha. Karena jika anda belum pernah merasakan kegagalan maka anda tidak akan pernah bisa membedakannya.

Jadi hal ini merupakan sebuah kewajaran. Dari kegagalan inilah anda bisa belajar untuk menjadi lebih baik di tes tes yang selanjutnya.

Jangan menyerah begitu saja hanya karena sebuah kegagalan. Ingatlah kegagalan itu tidak akan menghancurkan masa depan anda, hal ini justru akan menjadi penyemangat bagi anda.

Berlatihlah lagi dan lagi, asah kembali kemampuan dan mental anda. Dengan begini kepercayaan diri anda akan semakin kuat. Ingat kerja keras itu tidak akan ada sia sianya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *