Advertisement

4 Analisa Kenapa Produk Yang Anda Tawarkan Tidak Laku dan Sepi Pembeli

Solusi masalah penjualan produk sepi pembeli

Pada umumnya para pengusaha selalu mencari tahu seperti apakah sebenarnya perilaku para konsumen. Mereka melakukannya semata mata bertujuan supaya produknya bisa diterima dan laku.

Tentunya tidak ada pengusaha yang mau bangkrut akibat dari produk yang dihasilkannya tidak laku di pasaran.

Prinsip seorang produsen adalah mendapatkan keuntungan, tapi tentunya dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang lain dalam arti tidak berupaya dengan berbuat curang.

Apa saja yang membuat konsumen tidak berminat dengan produk anda

Ada satu hal dari perilaku konsumen yang selalu dipermasalahkan oleh produsen yaitu ketika mereka ditawari sebuah produk kemudian tidak berminat untuk membelinya.

Inilah yang sering kali membingungkan para pengusaha selaku produsen. Berikut ini ada beberapa alasan yang membuat seorang konsumen itu enggan untuk membeli produk yang anda tawarkan.

#1 Menawarkan sesuatu yang tidak dibutuhkan konsumen

Untuk alasan pertama yang sering kali membuat konsumen menolak barang yang ditawarkan oleh produsen adalah mereka tidak membutuhkan barang tersebut.

Nah, inilah yang sebenarnya harus dibenahi oleh produsen. Mereka kurang jeli dalam membidik pasaran dan melihat barang apa saja yang saat ini banyak dicari atau dibutuhkan oleh konsumen.

Jika hal ini tidak anda ketahui maka impact nya produk anda tidak akan laku di pasaran.

Di jaman sekarang yang kondisi ekonominya tidak begitu stabil bahkan cenderung fluktuatif tidak jarang perusahaan perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja secara besar besaran. Akhirnya dampaknya pun banyak masyarakat yang menganggur.

Namun, bagi mereka yang memiliki jiwa entrepreneur, hal ini bukanlah masalah yang serius. Karena ia masih punya ide ide kreatif yang butuh sebuah alat sebagai pelampiasannya yakni dengan menjadi seorang pengusaha.

Apabila ini terjadi maka meskipun ada phk, munculah bisnis bisnis baru yang bisa memberikan banyak manfaat bagi mereka yang sudah kehilangan pekerjaannya sehingga bisa memberikan dunia baru bagi mereka.

#2  Tidak memberikan penawaran yang lebih baik dari yang biasa diterima konsumen

Dengan memproduksi sebuah produk dan kemudian menjualnya kepada konsumen tidaklah sampai disini saja yang harus anda kerjakan.

Ketahuilah bahwa para konsumen saat ini sudah semakin cerdas dalam mencari sebuah keuntungan dari transaksi yang mereka lakukan.

Mereka selalu mencari nilai tambah dari kegiatan yang sudah dijalaninya. Nah, dengan adanya perilaku konsumen yang seperti ini maka anda selaku produsen harus mengetahuinya supaya bisa memberikan produk produk yang lebih baik lagi dan bisa diterima oleh konsumen dari semua kalangan.

Tindakan seperti ini harus selalu anda lakukan dalam setiap waktunya, karena kebutuhan dari konsumen itu seiring berjalannya waktu akan berubah ubah, entah itu bertambah atau malah justru berkurang.

Simak juga ulasan terkait mengenai jenis usaha dagang menguntungkan dan layak ditekuni serta artikel menarik lainnya tentang bisnis online yang praktis menggunakan media sosial.

#3 Tidak menyediakan lebih banyak pilihan pada konsumen

Ketika seorang konsumen datang pastinya mereka tidak langsung melakukan transaksi melainkan mereka akan melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan barang yang dimiliki oleh produsen lain.

Bahkan mereka juga akan melihat apakah anda menyediakan barang yang lebih banyak pilihannya atau tidak jika dibandingkan dengan penjual lainnya.

Dan jika barang yang anda miliki sama dengan produsen lain, maka seorang konsumen pasti akan membandingkan barang mana yang memiliki kualitas yang lebih bagus dan harga oke.

#5 Pelayanan kepada konsumen yang buruk

Begitu seorang konsumen datang ke tempat anda tentunya mereka akan memperhatikan bagaimana cara anda melayaninya, memperlakukan mereka dengan baik atau tidak.

Kesalahan dalam hal service saja mereka bisa lari dari usaha anda. Bahkan tidak jarang karena satu kesalahan itu mereka menjadi ilfeel dengan anda.

Oleh karena itu sebaiknya dalam melayani pelanggan itu usahakan selalu tersenyum dan ramah pada mereka, ya walaupun sebenarnya anda sendiri sedang dalam masalah.

Usahakan untuk selalu fokus pada mereka, dengarkan dengan baik apa yang mereka inginkan, jangan pernah melakukan kesalahan.

Itu tadi beberapa alasan yang bisa menyebabkan konsumen lari dari usaha anda dan enggan untuk membeli produk anda. Oleh karena itu sebagai seorang produsen sebaiknya perhatikanlah dengan detail semua konsekuensinya dan segeralah evaluasi serta lakukan perbaikan sehingga mampu mendatangkan konsumen yang lebih banyak dari sebelumnya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *