Advertisement

Peluang Usaha Sampingan Bidang Agribisnis Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Agribisnis

Peluang usaha yang menjanjikan di bidang agribisnis dapat menjadi pilihan untuk menuju dunia usaha khususnya bagi pemula karena tergolong cukup mudah dan bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Pemerintah Indonesia sendiri terus mendorong masyarakat agar mampu terjun dalam dunia entrepreneur sebagai salah satu solusi mengatasi pertumbuhan ekonomi serta untuk mengurangi angka pengangguran.

Berbagai kebijakan untuk melancarkan proses pengembangan usaha juga telah dibuat oleh pemerintah guna membantu kesulitan para pengusaha kecil dalam urusan permodalan, perijinan serta berbagai macam pelatihan.

loading...

Contoh ide usaha bidang agribisnis yang menjanjikan

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis usaha di bidang agribisnis sebagai usaha sampingan yang dapat menjadi bahan referensi untuk memulai terjun di dunia usaha.

#1 Budidaya tanaman obat

Agribisnis Tanaman Obat

Image by: alwib.net

Pengobatan secara herbal tetap masih banyak diminati oleh kalangan masyarakat sebagai solusi lain dari penanganan medis dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Oleh karena itu tingginya permintaan dari konsumen yang mengandalkan obat herbal tetap tidak dapat dihindarkan lagi.

Sehingga peluang usaha yang tercipta dari situasi seperti ini tentu bisa dibidik dan menjadikan salah satu bentuk bisnis yang patut untuk diperhitungkan.

Banyak sekali ragam atau macam tanaman sebagai bahan dasar obat herbal yang saat ini tidak sulit untuk memasarkannya seperti:

  • Budidaya lidah buaya
  • Tanaman bunga rosella
  • Mahkota dewa
  • Jahe merah
  • Dan aneka bahan jamu lainnya.

#2 Budidaya jamur konsumsi

Usaha Agribisnis Jamur

Jamur merupakan bahan makanan yang cukup banyak diminati akan tetapi masih sangat terbatas akan ketersediaannya di pasar, sehingga cenderung memiliki harga jual yang masih terbilang mahal.

Membudidayakan jamur untuk konsumsi tidak sulit untuk dilakukan serta dapat dikerjakan dengan memanfaatkan lokasi yang sangat terbatas (skala kecil).

Secara garis besar, media tanam jamur terbilang sangat sederhana dan bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Kemudian pemeliharaan hanya membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap stabil selama masa proses pertumbuhan hingga masa panen jamur.

Usia panen jamur juga tidak membutuhkan waktu lama hanya berkisar antara 16 hingga 20 hari saja sehingga bisa dijadikan sumber pendapatan atau pemasukan yang sangat cepat.

Baca juga:

#3 Bertanam sayuran hidroponik

Sayuran Hidroponik Agribisnis

Mungkin anda sudah sangat sering mendengar berita tentang mahalnya jenis sayuran hidroponik yang sangat higienis.

Tentu metode penanamannya akan sangat berbeda dengan pertanian konvensional yang masih banyak terkontaminasi dengan bahan kimia serta zat berbahaya lainnya.

Untuk itu jelas harga jual sayuran hidroponik lebih tinggi bisa 2 hingga 3 kali lipat dari sayuran pertanian biasa.

Media tanam sayuran hidroponik bisa menggunakan barang barang bekas seperti gelas plastik bekas, botol plastik bekas, jerigen plastik bekas, tinggal bagaimana anda berkreatifitas menyesuaikan lahan yang tersedia.

Menanam sayuran dengan metode hidroponik dapat memanfaatkan area yang sangat sempit seperti lingkungan sekitar rumah dan meskipun kapasitas panen yang sedikit, akan tetapi karena nilai jual yang mahal, tentu akan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar.

Demikian tadi 3 contoh ide untuk memulai bisnis dan usaha di bidang agribisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan mengingat akan tingginya permintaan pasar terhadap 3 komoditas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *